Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) didukung dengan Catatan Terbimbing (Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA N Karangpandan Tahun Pelajaran 2016/2017)

Estiningrum, Wahidah (2017) Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) didukung dengan Catatan Terbimbing (Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA N Karangpandan Tahun Pelajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (645Kb)

    Abstract

    Wahidah Estiningrum. K3313072. UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E (LEARNING CYCLE 5E) DIDUKUNG DENGAN CATATAN TERBIMBING (MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA N KARANGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Agustus 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) didukung dengan catatan terbimbing pada materi pokok Larutan Penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA N Karangpandan tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) didukung dengan catatan terbimbing. Persentase ketercapaian kemampuan berpikir kritis tinggi pada pra-siklus adalah 20,00%, pada siklus I sebesar 65,00%, pada siklus II meningkat menjadi 72,50%. Persentase ketuntasan siswa untuk aspek kognitif pada siklus I adalah 57,50%, kemudian meningkat menjadi 77,50% pada siklus II. Ketuntasan aspek sikap pada siklus I sebesar 87,50% meningkat menjadi 95,00% pada siklus II. Kata Kunci: siklus belajar 5E, catatan terbimbing, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar, larutan penyangga

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 13:05
    Last Modified: 24 Nov 2017 13:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36253

    Actions (login required)

    View Item