Perbandingan Penggunaan E-learning Berbasis Schoology dan Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Di SMK Negeri 1 Sukoharjo

Tigowati, Tigowati (2017) Perbandingan Penggunaan E-learning Berbasis Schoology dan Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Di SMK Negeri 1 Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (989Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tigowati. K3513069. PERBANDINGAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY DAN EDMODO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI 1 SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) perbedaan penggunaan e-learning berbasis schoology dan edmodo terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran simulasi digital (2) perbedaan penggunaan e-learning berbasis schoology dan edmodo terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran simulasi digital (3) tingkat motivasi siswa yang menggunakan e-learning berbasis schoology dan edmodo pada mata pelajaran simulasi digital. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Sukoharjo. Sampel yang terpilih adalah kelas X AK 1 dan X AK 3 dengan teknik random sampling. Metode penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design.Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk data hasil belajar kognitif, kuesioner dan wawancara untuk data motivasi. Uji validitas menggunakan Product Moment dari Pearson dan reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha.Teknik analisis data kuantitatif untuk pengujian hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan dan uji hipotesis. Teknik analisis data kualitatif menggunakan interactive model. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama,terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan penggunaan e-learning berbasis schoology dan edmodo, nilai sig lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,008 < 0,05. Hasil belajar kognitif kelas dengan e-learning berbasis schoology lebih baik dibandingkan kelas dengan penggunaan e-learning berbasis edmodo, karena schoology mudah diakses, peserta didik mempunyai target nilai, lebih memahami pelajaran dan lebih aktif pada saat pelajarann yang berdampak pada hasil belajar kognitif . Kedua,terdapat perbedaan motivasi antara eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan penggunaan e-learning berbasis schoology dan edmodo, nilai sig lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,007 < 0,05. Motivasi siswadengan e-learning berbasis schoology lebih baik dibandingkan kelas dengan penggunaan e-learning berbasis edmodo, karena schoology membuat tertarik pada pelajaran Simulasi Digital, membuat lebih semangat, lebih senang serta mudah belajar dimanapun dan lebih termotivasi belajar.Ketiga, tingkat motivasi siswa yang menggunakan e-learning berbasis schoology dan edmodo termasuk kategori sedang. Kata Kunci : e-learning, schoology, edmodo, hasil belajar kognitif, motivasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 12:46
    Last Modified: 24 Nov 2017 12:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36244

    Actions (login required)

    View Item