EFEKTIVITAS MEDIA DIORAMA DAN BLOCK DIAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Materi PokokVulkanisme dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan)

Fatimah, Siti (2017) EFEKTIVITAS MEDIA DIORAMA DAN BLOCK DIAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Materi PokokVulkanisme dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (661Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Siti Fatimah. EFEKTIVITAS MEDIA DIORAMA DAN BLOCK DIAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X SMA N 5 SURAKARTA (Materi PokokVulkanisme dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan) TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar menggunakan media belajar diorama, blockdiagram dan chalkboard (2) membandingkan efektivitas media block diagram dengan Chalkboard terhadap hasil belajar peserta didik (3) membandingkan efektivitas media diorama dengan Chalkboard terhadap hasil belajar peserta didik (4) membandingkan efektivitas media diorama dengan media Blockdiagram terhadap hasil belajar peserta didik Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X IPS SMA N 5 Surakartatahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian dilakukan dengan cluster random sampling sampel terpilih adalah X IPS 4, X IPS 1, dan X IPS 3. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang gunakan adalah analisis varian satu jalan dan dilanjutkan pasca anava (metode scheffe) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data, dapat disajikan hasil penelitian sebagai berikut :(1) Ada perbedaan hasil belajar menggunakan media belajar diorama, blockdiagram dan chalkboard dengan perbandingan rerata 20,45; 18,84; 17,34 dan dibuktikan dari hasil uji anava satu jalan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung>Ftabel (-7,47>3,09) (2) Media blockdiagram (18,84) lebih efektif dibandingkan Chalkboard (17,34) terhadap hasil belajar (3) Media diorama (20,45) lebih efektif dibandingkan Chalkboard (17,34) terhadap hasil belajar peserta didik (4) Media Diorama (20,45) lebih efektif dibandingkan media blockdiagram (18,84) terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan proses vulkanisme dan pengaruhnya terhadap kehidupan kelas X IPS SMA N 5 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Hal ini diperoleh dari hasil perhitungan metode scheffe pada taraf signifikansi 5% yang dilakukan dalam 3 tahapan, bahwa ketiga media pembelajaran memiliki kualitas yang berbeda dan media pembelajaran yang paling efektif adalah media diorama, disusul oleh blockdiagram dan chalkboard. Kata kunci : Diorama, Blockdiagram, Hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 10:11
    Last Modified: 24 Nov 2017 10:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36232

    Actions (login required)

    View Item