Perbandingan Analisis Prioritas Pemeliharaan Jembatan dengan Metode Bridge Management System (BMS) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS)

Rizqi Fadhila, Shofie (2017) Perbandingan Analisis Prioritas Pemeliharaan Jembatan dengan Metode Bridge Management System (BMS) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (360Kb)

    Abstract

    Shofie Rizqi Fadhila, 2017, Perbandingan Analisis Prioritas Pemeliharaan Jembatan dengan Metode Bridge Management System (BMS) dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS), Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Menurut data terakhir yang didapatkan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Surakarta, kota Surakata memiliki 107 jembatan milik daerah yang tersebar di lima kecamatan. Namun data ini telah lama tidak diperbaharui dan perkembangan jembatan belum terdata sepenuhnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pendataan jembatan yaitu data umum jembatan serta data kondisi eksisting jembatan. Tetapi di sisi lain, kondisi jembatan mengalami deteriorasi material dan degradasi struktural. Kerusakan pada jembatan tersebut dapat mengganggu pergerakan lalulintas dan menghambat pergerakan orang dan barang di sekitar jembatan. Dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi jembatan dan hasil skala prioritas pemeliharaan jembatan pada 9 jembatan milik daerah di kecamatan Pasar Kliwon Surakarta. Kondisi jembatan dievaluasi berdasarkan metode kuantitatif Bridge Management System (BMS) 1993. Dua metode yakni metode Bridge Management System (BMS) dengan aplikasi IBMS dan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) akan dibandingkan hasil dan efektivitasnya dalam penentuan prioritas pemeliharaan jembatan pada 9 jembatan di kecamatan Pasar Kliwon kota Surakarta. Kriteria yang digunakan dalam penentuan prioritas dengan metode TOPSIS yaitu nilai kondisi dan volume rerata lalulintas harian (LHR). Hasil dari analisa yang berupa inspeksi lapangan didapatkan bahwa terdapat 3 jembatan kategori rusak berat dan 6 jembatan rusak ringan. Dari analisa BMS dengan menggunakan aplikasi IBMS didapatkan prioritas pertama pemeliharaan jembatan di kecamatan Pasar Kliwon Surakarta adalah Jembatan Sangkrah, sedangkan hasil analisa metode TOPSIS dengan microsoft excel didapatkan prioritas pertama pemeliharaan jembatan di kecamatan Pasar Kliwon Surakarta adalah jembatan Gantung. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pemerintah dapat menggunakan metode TOPSIS dalam menentukan prioritas pemeliharaan jembatan karena perhitungan TOPSIS lebih mudah dan dapat mengkombinasi kriteria berdasarkan kepentingan. Kata kunci: Bridge Management System, TOPSIS, IBMS, Analisis Prioritas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 24 Nov 2017 10:06
    Last Modified: 24 Nov 2017 10:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36230

    Actions (login required)

    View Item