EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI POKOK BAHASAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS X SMA MTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006

SUSILAWATI, HEMA (2006) EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI POKOK BAHASAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS X SMA MTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2005/2006. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (414Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimentasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA MTA Surakarta tahun ajaran 2005/2006, sejumlah 233 yang terbagi menjadi 6 kelas. Sampel diambil dengan teknik random sampling sederhana sejumlah 76 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik tes dengan soal obyektif sejumlah 31 soal dengan 4 alternatif jawaban. Teknik ini dilengkapi dengan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran Geografi dengan metode kooperatif STAD lebih efektif dari pada penggunaan metode ceramah (tobs > ttab = 4,0156 > 1,645 pada taraf signifikansi sebesar 5%) rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen yang menggunakan metode STAD yaitu 7,868, sedangkan pada kelas kontrol yaitu 6,625.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Hidayati Alifah
    Date Deposited: 14 Jul 2013 12:59
    Last Modified: 14 Jul 2013 12:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3621

    Actions (login required)

    View Item