Peningkatan Keterampilan Interpretasi Data melalui Penerapan Guided Inquiry Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas XI IPA 4 Tahun Pelajaran 2016/2017

Latifah F, Ramadhani (2017) Peningkatan Keterampilan Interpretasi Data melalui Penerapan Guided Inquiry Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas XI IPA 4 Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (822Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ramadhani Latifah Faeka Murni. PENINGKATAN KETERAMPILAN INTERPRETASI DATA MELALUI PENERAPAN GUIDED INQUIRY LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA 4 TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juli 2017. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan interpretasi data siswa dalam pembelajaran biologi pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA 4 Tahun Pelajaran 2016/2017 di salah satu SMA Negeri di Surakarta. Hasil observasi berupa skor di tiap indikator keterampilan interpretasi data adalah < 30% menunjukkan kurangnya keterampilan siswa dalam interpretasi data. Interpretasi dapat dilatihkan melalui model pembelajaran yang mengakomodasi percobaan, salah satunya adalah guided inquiry learning. Metode pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian berupa skor capaian indikator keterampilan interpretasi data yang meliputi: menemukan keterkaitan informasi dengan pertanyaan sebelumnya, membandingkan fakta baru dengan prediksi awal, memperhatikan hubungan antar variabel, mengidentifikasi pola pengamatan, memeriksa pola yang tidak sesuai fakta, dan menarik kesimpulan berdasarkan fakta (Harlen, 2006). Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan tiap indikator keterampilan interpretasi data siswa pada setiap siklus tindakan. Skor capaian setiap indikator keterampilan interpretasi data yaitu: 1) menemukan keterkaitan informasi dengan pertanyaan/permasalahan sebelumnya siklus I (67,6%), meningkat pada siklus II (89%), 2) membandingkan fakta baru dengan prediksi awal siklus I (55,9%), meningkat pada siklus II (80%), 3) memperhatikan hubungan antar variabel siklus I (62,1%), meningkat pada siklus II (83,4%), 4) mengidentifikasi pola pengamatan siklus I (51,7%), meningkat pada siklus II (75,2%), 5) memeriksa pola yang tidak sesuai fakta siklus I (51,7%), meningkat pada siklus II (82,8%), dan 6) menarik kesimpulan berdasarkan fakta siklus I (57,2%), meningkat pada siklus II (82,8%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa setiap indikator keterampilan interpretasi data siswa meningkat melalui penerapan model guided inquiry learning pada materi sistem ekskresi secara bervariasi. Kata kunci: keterampilan interpretasi data, guided inquiry learning, sistem ekskresi manusia

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 23 Nov 2017 14:28
    Last Modified: 23 Nov 2017 14:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36194

    Actions (login required)

    View Item