FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH PENDUDUK DI JAWA TENGAH MENGGUNAKAN MODEL REGRESI ROBUST DENGAN ETIMASI LEAST MEDIAN OF SQUARES (LMS)

Prabowo, Yuditia Ari (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH PENDUDUK DI JAWA TENGAH MENGGUNAKAN MODEL REGRESI ROBUST DENGAN ETIMASI LEAST MEDIAN OF SQUARES (LMS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (664Kb)
    [img] PDF
    Download (664Kb)

      Abstract

      Jumlah penduduk Jawa Tengah dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Pertumbuhan jumlah penduduk dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain luas wilayah, kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk. Untuk mengetahui hubungan antara jumlah penduduk dengan faktor-faktornya dapat digunakan model regresi linier berganda. Salah satu model regresi linier berganda adalah model regresi robust. Model ini digunakan apabila terdapat pencilan di dalam data. Estimasi pada model regresi robust untuk mengatasi adanya pencilan yaitu Least Median of Squares (LMS). Dalam regresi robust estimasi LMS hal yang dilakukan adalah meminimumkan median dari kuadrat sisaan. Pada penelitian ini data yang digunakan terdapat pencilan sehingga model regresi robust estimasi LMS dapat digunakan untuk menyelesaikan kasus ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap jumlah penduduk di Jawa Tengah. Hasil dari penelitian ini adalah faktor yang berpengaruh signifikan terhadap jumlah penduduk di Jawa Tengah pada tahun 2015 adalah luas wilayah suatu kabupaten/kota dan angka kelahiran.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: Q Science > Q Science (General)
      Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
      Depositing User: Gun Gun Gunawan
      Date Deposited: 22 Nov 2017 14:38
      Last Modified: 22 Nov 2017 14:38
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36168

      Actions (login required)

      View Item