Analisis Perbedaan Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS Kesehatan di RSUD Kota Surakarta

MURTI, YESICA MARINA (2017) Analisis Perbedaan Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS Kesehatan di RSUD Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (213Kb)

    Abstract

    Yesica Marina Murti. D0112098. 2017. “Analisis Perbedaan Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS Kesehatan Berdasarkan Gender di RSUD Kota Surakarta”. Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 92 halaman. RSUD Kota Surakarta merupakan salah satu rumah sakit kelas C yang menampung rujukan pasien di Surakarta, yang menerima pasien peserta BPJS Kesehatan. RSUD Kota Surakarta memiliki misi meningkatkan motivasi dan kinerja sumber daya manusia, meningkatkan sarana dan prasarana, meningkatkan manajemen rumah sakit, dan meningkatkan mutu pelayanan. Setiap pasien yang berobat ke RSUD Kota Surakarta mempunyai tanggapan yang berbeda-beda terkait kepuasan terhadap pelayanan yang diterimanya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan kepuasan antara pasien rawat inap peserta BPJS kesehatan yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan di RSUD Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan tujuh dimensi yang secara khusus dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pasien rawat inap berdasarkan pada hasil penelitian Suryawati dkk (2006). Dimensi-dimensi tersebut meliputi : pelayanan masuk rumah sakit, pelayanan dokter, pelayanan perawat, pelayanan makanan pasien, sarana medis dan obat-obatan, kondisi fisik rumah sakit secara umum, dan kondisi fisik ruang perawatan pasien. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap peserta BPJS Kesehatan yang berjumlah 67 orang. Sampel diambil dari seluruh populasi yang ada saat penelitian dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dokumentasi. Metode statistik yang digunakan adalah analisis Independent Sample T Test dengan Software SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kepuasan atas pelayanan masuk rumah sakit, pelayanan dokter, pelayanan perawat, pelayanan makanan pasien, sarana medis dan obat-obatan, kondisi fisik rumah sakit secara umum, dan kondisi fisik ruang perawatan pasien antara pasien rawat inap peserta BPJS Kesehatan yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan di RSUD Kota Surakarta. Kata kunci: analisis perbedaan, kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 22 Nov 2017 14:27
    Last Modified: 22 Nov 2017 14:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36163

    Actions (login required)

    View Item