PERBEDAAN METODE CERAMAH PLUS DAB DRILL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR EFISIENSI PENGGUNAAN TEMPAT TIDUR RUMAH SAKIT MAHASISWA PROGRAM STUDI D3 REKAM MEDIK

Lestari, Tri (2017) PERBEDAAN METODE CERAMAH PLUS DAB DRILL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR EFISIENSI PENGGUNAAN TEMPAT TIDUR RUMAH SAKIT MAHASISWA PROGRAM STUDI D3 REKAM MEDIK. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (75Kb)

    Abstract

    Tri Lestari. S541108111. Perbedaan Metode Ceramah Plus Dan Drill Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Efisiensi Penggunaan Tempat Tidur Rumah Sakit Mahasiswa Program Studi D3 Rekam Medik. TESIS, Pembimbing I : Dr. Hari Wudjoso, dr., Sp.F, MM, Pembimbing II : Prof. Dr. Nunuk Suryani, M. Pd. Program Studi Kedokteran Keluarga. Pendidikan Profesi Kesehatan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Mata kuliah Statistik rumah sakit merupakan salah satu mata kuliah kompetensi utama bagi mahasiswa Prodi D3 Rekam Medik (RM). Berdasarkan survey pendahuluan, mata kuliah ini termasuk pelajaran yang tidak disukai. Sebesar 80% mahasiswa nilainya rendah karena menurut mereka mata kuliah tersebut sulit dipahami dan membosankan. Permasalahan lain adalah gaya mengajar dosen. Kondisi tersebut tentu saja berpengaruh pada hasil belajar mahasiswa. Hal ini terlihat pada saat diadakan ujian tengah semester, 85% mahasiswa yang mendapat nilai di bawah rata-rata. Masalah tersebut harus diatasi dengan memperbaiki metode pembelajaran yang tepat sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat terlaksana secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode pembelajaran metode ceramah plus dan drill terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa pada kompetensi dasar efisiensi penggunaan tempat tidur rumah sakit pada mahasiswa Prodi D3 RM STIKes Mitra Husada Karanganyar. Rancangan penelitian ini adalah quasi experiment pretest posttest group design. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan paired t-test dan independent t-test. Keseluruhan subjek penelitian adalah 118 mahasiswa. Hasil Penelitian berdasarkan hasil uji Paired Samples Test menunjukkan bahwa semua pasangan variabel pair 1, pair 2, pair 3, pair 4 mempunyai nilai p atau sig = 0,000 (<0,05) maka h0 ditolak . Hal ini berarti terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar sebelum dan sesudah pemberian metode pembelajaran melalui metode ceramah plus dan metode dril, sehingga metode pembelajaran melalui metode ceramah plus dan metode dril dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar responden. Hasil Uji Independent Samples T Test menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar mempunyai nilai p atau sig = 0,000 (<0,05), maka Ho ditolak atau motivasi belajar responden melalui metode pembelajaran dengan metode ceramah plus dan metode dril benar-benar berbeda. Pada variabel hasil belajar mempunyai nilai p atau sig = 0,000 (α <0,05), maka Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar melalui metode pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah plus dan metode dril. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan metode ceramah plus dan drill terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa pada kompetensi dasar efisiensi penggunaan tempat tidur rumah sakit di Prodi D3 RM STIKes Mitra Husada Karanganyar. Kata Kunci : Metode Ceramah Plus, Metode Dril, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, efisiensi penggunaan tempat tidur. Tri Lestari. S541108111. Differences Methods Lecture Plus And Drill Against Learning Motivation And Learning Outcomes In Basic Competence Efficient Use of Hospital Beds Students D3 Medical Record Program. Thesis, Supervisor: Dr. Wudjoso day, dr., Sp.F, MM, Supervisor II: Prof. Dr. Nunuk Suryani, M. Pd. Family Medicine Studies Program. Health Professions Education, Graduate School, University of March Surakarta. ABSTRACT Subject Statistics hospital is one of the subjects of core competencies for students Prodi D3 Medical Record (RM). Based on the preliminary survey, this course includes lessons that are not preferred. 80% of students according to their value is low because the course is difficult to understand and boring. Another problem is the teaching style of the lecturer. The conditions definitely had an effect on student learning outcomes. This can be seen already during the midterms, 85% of students who scored below average. The problem must be tackled by improving teaching methods appropriate to the implementation of learning can be implemented effectively. The purpose of this study was to determine the effect of teaching methods and drill plus a lecture on motivation to learn and learning outcomes of students to the basic competence the efficient use of hospital beds in student Prodi D3 RM STIKes Mitra Husada Karanganyar. The study design was quasi experimental group pretest-posttest design. The data is processed and analyzed using paired t-test and independent t-test. Overall the study subjects were 118 students. Results based on the results of Paired Samples Test shows that all variable pair 1, pair 2, 3 pair, 4 pair or sig has a value of p = 0.000 (<0.05) then h0 rejected. This means that there are differences in learning motivation and learning outcomes before and after giving a lecture mode of learning methods and methods plus drill, so the method of learning through lecture method plus and drill method can increase learning motivation and learning outcomes of respondents. Independent Test Results Samples T Test showed that the variables of learning motivation or sig has a value of p = 0.000 (<0.05), then Ho is rejected or motivation to learn the respondent through the method of learning by lecture method plus and drill method is completely different. On learning outcome variable has a value of p or sig = 0.000 (α <0.05), then Ho is rejected. This means that there are differences in learning outcomes through a learning method using plus lecture and drill method. It is concluded that there are differences of lecture plus and drill methods on learning motivation and student learning outcomes on the basic competence of hospital bed usage efficiency in Prodi D3 RM STIKes Mitra Husada Karanganyar. . Keywords: Methods Lecture Plus, Dril Method, Motivation, Learning Outcomes, efficient use of beds.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 22 Nov 2017 13:44
    Last Modified: 22 Nov 2017 13:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36145

    Actions (login required)

    View Item