PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN KEAKTIFAN BERKOMUNIKASI MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA PESERTA DIDIK XI IPA 4 SMAN KARANGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Amiasih, Tri (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN KEAKTIFAN BERKOMUNIKASI MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA PESERTA DIDIK XI IPA 4 SMAN KARANGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (701Kb)

    Abstract

    Tri Amiasih.K431078. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN KEAKTIFAN BERKOMUNIKASI MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 4 SMAN KARANGPANDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2017. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan keaktifian berkomunikasi melalui penerapan model inkuiri terbimbing pada peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri Karangpandan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan rincian setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 4 SMA N Karangapandan yang berjumlah 38 orang. Sumber data diperoleh melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan metode spiral. Hasil penelitian menujukkan peningkatkan kemampuan bertanya berdasarkan kuantintitas pertanyaan dari pratindakan ke tindakan siklus I meningkat sebanyak 70 pertanyaan, siklus I ke siklus II 1 pertanyaan dan siklus II ke siklus III sebanyak 36 pertanyaan. Kualitas pertanyaan berdasarkan kemampuan berpikir siswa dari pratindakan C1 (rendah) meningkat dengan teridentifikasinya pertanyaan C3,C4, dan C5 (tinggi) selama pelaksanaan tindakan. Kualitas pertanyaan berdasarkan dimensi pengetahuan dari pratindakan konseptual meningkat menjadi Faktual, Konseptual, dan Prosedural selama pelaksanaan tindakan. Peningkatan keaktifan berkomunikasi peserta didik menunjukkan hasil yang bervariasi pada setiap indikator. Indikator mendengarkan penjelasan guru meningkat sebesar 43,78%, mendengarkan presentasi teman meningkat sebesar 42,21%, menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru atau teman meningkat sebesar 61,84%, mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman meningkat sebesar 67,51%, dan mengemukakan pendapat saat presentasi dan diskusi kelompok meningkat sebesar 75,27%. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan bertanya dan keaktifan berkomunikasi melalui penerapan model inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2015/2016.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 22 Nov 2017 13:41
    Last Modified: 22 Nov 2017 13:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36144

    Actions (login required)

    View Item