PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2016/2017

, Sulistianingsih (2017) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (432Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sulistianingsih. PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA POSTER UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2017. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model inkuiri terbimbing dengan media poster untuk meningkatkan pembelajaran IPS, (2) meningkatkan pembelajaran IPS melalui penerapan model inkuiri terbimbing dengan media poster, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi yang dihadapi pada penerapan model inkuiri terbimbing dengan media poster untuk meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 4 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 24 siswa. Data berasal dari data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data berasal dari guru dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non-tes (observasi dan wawancara). Alat pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistic kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan model inkuiri terbimbing dengan media poster dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) orientasi, (b) merumuskan masalah, (c) merumuskan hipotesis, (d) mengumpulkan data, (e) menganalissi data, dan (f) membuat kesimpulan. (2) penerapan model inkuiri terbimbing dengan media poster dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 4 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017. (3) kendala dalam penelitian ini adalah guru tidak memberi penguatan kepada siswa yang telah membacakan hasil diskusinya dan terdapat siswa yang belum fokus mengikuti pembelajaran. Solusi yang dilakukan yaitu guru memberikan penguatan kepada siswa yang telah membacakan hasil diskusinya, agar siswa lebih termotivasi untuk melakukan hal sama, dan memotivasi siswa untuk fokus dan terlibat aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model inkuiri terbimbing dengan media poster dapat meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri 4 Tamanwinangun tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Media Poster, Pembelajaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Gun Gun Gunawan
    Date Deposited: 22 Nov 2017 13:25
    Last Modified: 22 Nov 2017 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36141

    Actions (login required)

    View Item