Studi Awal Sensor Tekanan berbasis Serat Optik dengan Pemetaan Loss oleh Bidang Seragam menggunakan Metode Bending dan Grating

Salwa G, Mahmudah (2017) Studi Awal Sensor Tekanan berbasis Serat Optik dengan Pemetaan Loss oleh Bidang Seragam menggunakan Metode Bending dan Grating. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1040Kb)

    Abstract

    Pemetaan beban telah dilakukan dengan menggunakan model sensor berbasis serat optik. Pemetaan telah diketahui sebagai penggambaran suatu wilayah, tidak terbatas hanya untuk wilayah geografi, namun juga dalam berbagai bidang seperti biomekanik dan aplikasi sensor. Prinsip kerja sensor pemetaan beban berbasis serat optik ini memanfaatkan adanya atenuasi atau rugi-rugi yang diakibatkan oleh gaya luar sebagai akibat dari beban yang membuat serat optik mengalami pembengkokan (bending) dengan metode goresan (grating) pada serat optik. Goresan pada serat optik membuat serat optik lebih sensitif terhadap tekanan dan menghasilkan rugi-rugi yang lebih signifikan. Pengujian beban pada serat optik tertanam di dalam pad menghasilkan pemetaan posisi tiap beban uji dan hubungan antara besarnya beban atau gaya luar yang mempengaruhi pad dengan rugi-rugi yang diakibatkan oleh beban uji. Dari hasil pengujian beban uji didapatkan hubungan bahwa rugi daya sebanding dengan gaya luar yang dihasilkan oleh beban.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 21 Nov 2017 17:27
    Last Modified: 21 Nov 2017 17:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36118

    Actions (login required)

    View Item