Analisis Hasil Penilaian Kapabilitas Audit Intern dengan Menggunakan Internal Audit Capability Model (Studi Kasus pada Inspektorat Kota Semarang)

M. Sihombing, Lilian (2017) Analisis Hasil Penilaian Kapabilitas Audit Intern dengan Menggunakan Internal Audit Capability Model (Studi Kasus pada Inspektorat Kota Semarang). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1185Kb)

    Abstract

    ANALISIS HASIL PENILAIAN KAPABILITAS AUDIT INTERN DENGAN MENGGUNAKAN INTERNAL AUDIT CAPABILITY MODEL (Studi Kasus pada Inspektorat Kota Semarang) Lilian M. Sihombing NIM: F1315057 Transformasi fungsi audit intern di sektor publik saat ini sangat diperlukan karena tingginya harapan dari organisasi dan pemangku kepentingan agar audit intern dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi, serta memberikan keyakinan yang memadai terhadap risiko strategis dan pencapaian target kinerja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan acuan kerangka kerja Internal Audit Capability Model (IA-CM) untuk penilaian kapabilitas audit intern pada Inspektorat Kota Semarang. Data yang digunakan merupakan data primer meliputi data hasil kuesioner dan wawancara terhadap pimpinan di Inspektorat Kota Semarang, serta data sekunder melalui reviu dokumen. Kuesioner yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada formulir isian pada Lampiran Pedoman Teknis Peningkatan Kapabilitas APIP yang diadopsi dari IA-CM. Hasil penelitian menunjukkan kondisi kapabilitas audit Inspektorat Kota Semarang berada pada level 2 dengan catatan. Hasil penilaian terhadap enam elemen audit intern menunjukkan bahwa empat elemen mencapai level 2 (infrastructure), dan dua elemen masih berada pada level 1 (initial). Kegiatan pengawasan di Inspektorat Kota Semarang telah dilakukan secara tetap, rutin, dan berulang, tetapi belum mampu mendeteksi kemungkinan terjadinya kecurangan. Kata kunci: audit intern, model kapabilitas audit intern, kapabilitas audit intern, dan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 21 Nov 2017 16:53
    Last Modified: 21 Nov 2017 16:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36113

    Actions (login required)

    View Item