Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) Berkombinasi Drill And Practice Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Pada Materi Stoikiometri Kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Yuliyati, Ina (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) Berkombinasi Drill And Practice Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Pada Materi Stoikiometri Kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (775Kb)

    Abstract

    Ina Yuliyati. K3313036. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERKOMBINASI DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X MIPA 3 SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Agustus 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kreativitas siswa degan model Teams Assisted Individualization (TAI) berkombinasi Drill and Practice pada materi stoikiometri kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta, (2) prestasi belajar siswa dengan model Teams Assisted Individualization (TAI) berkombinasi Drill and Practice pada materi stoikiometri kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan modelpembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) berkombinasi Drill and Practice dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi stoikiometri kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta.Pada siklus I, ketercapaian kreativitas sebesar 57,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 75%, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) berkombinasi Drill and Practice dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta. Ditunjukkan dari aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 55% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Sedangkan untuk prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan hanya dilakukan pada siklus I karena telah mencapai target ketuntasannya yaitu sebesar 96,50% dan 100%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 21 Nov 2017 14:39
    Last Modified: 21 Nov 2017 14:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36097

    Actions (login required)

    View Item