Pengaruh Gender dan Kendali Keluarga dalam Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Modal Intelektual pada Perusahaan Non Keuangan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO)

Anggraini P, Harviana (2017) Pengaruh Gender dan Kendali Keluarga dalam Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Modal Intelektual pada Perusahaan Non Keuangan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (522Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh gender dan kendali keluarga dalam dewan komisaris terhadap pengungkapan modal intelektual. Penelitian menggunakan empat variabel kontrol yaitu ROA, ukuran perusahaan, leverage, dan umur perusahaan. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan non-keuangan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2001 sampai dengan tahun 2016. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah perusahaan yang menjadi sampel penelitian adalah 178 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa gender dan kendali keluarga dalam dewan komisaris berpengaruh positif secara signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual. Sementara kendali keluarga pada komisaris utama tidak berpengaruh terhadap pengungkapan modal intektual. Kata Kunci : pengungkapan modal intelektual, IPO, gender dewan komisaris, kendali keluarga

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 21 Nov 2017 12:44
    Last Modified: 21 Nov 2017 12:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36089

    Actions (login required)

    View Item