Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Melalui Leeson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017

Ayu Prabandini, Fajar (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Melalui Leeson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1856Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Rencana Anggaran Biaya pada siswa kelas X A Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Sukoharjo menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) melalui Lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam III siklus, setiap siklus meliputi tahap perencanaan (plan) , tahap pelaksanaan (do), tahap observasi, dan tahap refleksi (see). Subyek penelitian adalah siswa kelas X A Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017. Data diperoleh melalui observasi ranah afektif, psikomotorik, dan keaktifan siswa, wawancara, tes dan dokumentasi. Triangulasi data digunakan untuk menjaga validasi data, sedangkan untuk analisa data menggunakan teknik analisis interaktif kualitatif. Kesimpulan penelitian adalah odel pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) melalui Lesson study dapat meningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Rencana Anggaran Biaya pada siswa kelas X A Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Sukoharjo. Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Lesson study, keaktifan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 17 Nov 2017 01:06
    Last Modified: 17 Nov 2017 01:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36075

    Actions (login required)

    View Item