INOVASI ES KRIM VANILA DENGAN PENAMBAHAN SARI JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) SEBAGAI BAHAN PERASA ALAMI YANG BERMANFAAT BAGI KESEHATAN TUBUH

Anggi Pratama, Dwi (2017) INOVASI ES KRIM VANILA DENGAN PENAMBAHAN SARI JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) SEBAGAI BAHAN PERASA ALAMI YANG BERMANFAAT BAGI KESEHATAN TUBUH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1770Kb)

    Abstract

    INOVASI ES KRIM VANILA DENGAN PENAMBAHAN SARI JAHE (Zingiber Officinale) SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN PERISA ALAMI YANG BERMANFAAT BAGI KESEHATAN TUBUH Tugas akhir : Dwi Anggi Pratama (H3514011). Pembimbing : Arip Wijianto, Program Studi DIII Agribisnis Minat Agrofarmaka Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. “Ginger Ice Cream” merupakan es krim inovasi baru yang memiliki cita rasa jahe sebagai perisa dan aroma es krim. Kandungan jahe didalam es krim memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya dapat melegakan tenggorokan, mengurangi rasa mual, dan mengaktifkan sirkulasi darah dalam tubuh. Penambahan perisa Vanila digunakan untuk mengurangi rasa pahit dan pedas yang dapat mempengaruhi minat konsumen. Proses produksi “Ginger Ice Cream” dimulai dari penyiapan bahan baku hingga proses pemasaran. “Ginger Ice Cream” diproduksi sebanyak 20 buah dalam satu kali proses produksi dan dikemas dalam kemasan berbentuk jar toples plastik dengan berat 90 gram per buah. “Ginger Ice Cream” dipasarkan dengan harga jual Rp 12.5000 per kemasan dengan keuntungan Rp 3.447 per buah. Pemasaran dilakukan secara online melalui sosial media dan offline melalui promosi di car free day (CFD) solo. Sistem online dengan menggunakan sistem pre order untuk menghindari adanya waktu kadaluarsa pada eskrim. Manajemen pemasaran “Ginger Ice Cream” menggunakan bauran promosi (marketing mix). Berdasarkan hasil analisisi kelayakan usaha, BEP produksi sebanyak 18 botol sehingga apabila penjualan mencapai 18 botol maka telah mencapai titik impas dimana tidak mendapat keuntungan tetapi juga tidak mengalami kerugian. Nilai R/C Ratio “Ginger Ice Cream” sebesar 1,5 artinya usaha tersebut layak untuk dijalankan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > D3 - Agribisnis
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 16 Nov 2017 23:42
    Last Modified: 16 Nov 2017 23:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36069

    Actions (login required)

    View Item