Analisis Struktur Pasar, Margin dan Efisiensi Pemasaran Egg Roll Waluh Di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah

Rindha Ismaya, Dita (2017) Analisis Struktur Pasar, Margin dan Efisiensi Pemasaran Egg Roll Waluh Di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (284Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran Egg Roll Waluh, margin pemasaran Egg Roll Waluh, tingkat efisiensi pemasaran, dan struktur pasar Egg Roll Waluh di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Metode dasar yang digunakan adalah metode analytical description. Metode analisis data meliputi: (1) analisis pola saluran pemasaran; (2) analisis biaya, keuntungan, margin, efisiensi pemasaran dan struktur pasar Egg Roll Waluh. Hasil penelitian menunjukan: Pemasaran Egg Roll Waluh di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora terdapat lima jenis saluran pemasaran. Saluran pemasaran Egg Roll Waluh yang paling efisien adalah saluran V, dengan biaya pemasaran Rp. 1.537,96 per kotak, Keuntungan pemasaran Rp. 4.136,96 per kotak, persentase margin pemasaran 42,45%, farmer’s share 57,55%, dan persentase efisiensi pemasaran 11,50%. Nilai Concentration Ratio (CR4) sebesar 50,09%, nilai Indeks Hirschman – Herfindahl (HHI) sebesar 1017,14, dan nilai Minimum Efficiency Scale (MES) sebesar 24,05%. Nilai tersebut menunjukan struktur pasar Egg Roll Waluh di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora cenderung pasar oligopoli longgar. Kata Kunci: Egg Roll Waluh, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Struktur Pasar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 16 Nov 2017 23:32
    Last Modified: 16 Nov 2017 23:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36067

    Actions (login required)

    View Item