PENGARUH DUKUNGAN MANAJEMEN TERHADAP KETERANDALAN LAPORAN KEUANGAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (Studi Persepsi pada Bendahara Dana BOS SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Ponorogo)

Prastyonugroho, Dhony (2017) PENGARUH DUKUNGAN MANAJEMEN TERHADAP KETERANDALAN LAPORAN KEUANGAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (Studi Persepsi pada Bendahara Dana BOS SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Ponorogo). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (961Kb)

    Abstract

    PENGARUH DUKUNGAN MANAJEMEN TERHADAP KETERANDALAN LAPORAN KEUANGAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (Studi Persepsi pada Bendahara Dana BOS SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Ponorogo) Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh dukungan manajemen terhadap keterandalan laporan keuangan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Penelitian ini juga memberikan bukti empiris hubungan dukungan manajemen terhadap keterandalan laporan keuangan dana bantuan operasional sekolah yang dimediasi oleh variabel kualitas sumber daya manusia, tata kelola, dan sistem pengendalian internal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 159 bendahara dana BOS pada SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Ponorogo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Responden yang mengembalikan kuesioner berjumlah 120 orang. Oleh karena itu, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 120 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh (sensus). Metode analisisnya adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) Smart v.3.2.6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan manajemen mempengaruhi keterandalan laporan keuangan dana operasional sekolah (BOS). Selain itu, hubungan antara dukungan manajemen dan keterandalan laporan keuangan dana bantuan operasional sekolah memediasi sebagian oleh kualitas sumber daya manusia, tata kelola, dan sistem pengendalian internal. Kata kunci : dukungan manajemen, kualitas sumber daya manusia, tata kelola, sistem pengendalian internal dan keterandalan laporan keuangan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 16 Nov 2017 18:28
    Last Modified: 16 Nov 2017 18:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36062

    Actions (login required)

    View Item