KONTRIBUI KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELJAR SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT KELAS X MIA SMA NEGERI KEBAK KRAMAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sandianita, Dewi (2017) KONTRIBUI KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELJAR SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT KELAS X MIA SMA NEGERI KEBAK KRAMAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1169Kb)

    Abstract

    Dewi SandianitaK3310021. KONTRIBUSI KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT KELAS X SMA NEGERI KEBAK KRAMAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: FakultasKeguruandanIlmuPendidikan UniversitasSebelasMaretSurakarta,Juli 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiada tidaknya hubungan antara (1) kemampuan berpikir analisis dengan prestasi belajar, (2) kreativitas dengan prestasi belajar, (3) kemampuan berpikir analisis dan kreativitas dengan prestasi belajar pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit kelas XSMA Negeri Kebak Kramat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri Kebak Kramat tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diambil 2 kelas dari 4 kelas dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis korelasi dan regresi linear. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: (1) Tidakterdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir analisis dengan prestasi belajar pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit, dari uji t-dua pihak diperoleh nilai signifikansi (p) 0,073 dan koefisien korelasi Pearson 0,213 (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan prestasi belajar pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit, dari uji t-dua pihak diperoleh nilai signifikansi (p) 0,000 dan koefisien korelasi Pearson 0,681. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir analisis dan kreativitasdengan prestasi belajar pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit, dari uji F diperoleh nilai signifikansi (p) 0,000 dan koefisien korelasi ganda 0,708, R2 sebesar 0,300. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Analisis,Kreativitas, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 16 Nov 2017 16:23
    Last Modified: 16 Nov 2017 16:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36061

    Actions (login required)

    View Item