PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TAMAN AGROWISATA SONDOKORO PTPN IX KARANGANYAR

Nawang S, Dewi (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TAMAN AGROWISATA SONDOKORO PTPN IX KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (474Kb)

    Abstract

    PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TAMAN AGROWISATA SONDOKORO PTPN IX KARANGANYAR Dewi Nawang Suprihatin1, Joko Sutrisno2, Erlyna Wida Riptanti3 Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta Jl. Ir. SutamiNo.36 A Kentingan Surakarta 57126 Telp./Fax (0271) 637457 Email: Dewinawang11@gmail.com Telp.085742690394 Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Agrowisata Sondokoro. Metode dasar penelitian adalah deskriptif. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive dengan penentuan sample dilakukan menggunakan metode acidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah (1)Gap Service (2)Importance-Performance Analysis (3)Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini: (1)Gap Service berada pada gap yang besar yang berarti menggambarkan kinerja Agrowisata Sondokoro belum sesuai dengan harapan konsumen. (2)Importance-Performance Analysis (IPA) menunjukkan dimensi pelayanan yang berada pada kuadran A terdiri dari dimensi jamian (Assurance) dan bukti fisik (Tangible), kuadran C terdiri dari empati (Emphaty), kuadaran D terdiri dimensi kehandalan (Reliability) dan daya tanggap (Responsiveness). (3)Analisis regresi berganda menunjukan keseluruhan dimensi kualitas pelayanan secara signifikan berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen, akan tetapi secara individu dimensi kehandalan (Reliability), jaminan (Assurance), dan bukti fisik (Tangible) yang berpengaruh nyata terhadap kepuasan sedangkan daya tanggap (Responsiveness) dan empati (Emphaty) tidak berpengaruh nyata. Kata Kunci: Agrowisata, , gap service, Imporance- Performance Analysis, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, regresi berganda.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 16 Nov 2017 16:18
    Last Modified: 16 Nov 2017 16:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36060

    Actions (login required)

    View Item