PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL GESCHOOL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIKUNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA (Pokok Bahasan Hubungan Manusia dan Lingkungan akibat Dinamika Hidrosfer pada Kelas X IIS 1 SMA N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014)

Suryo Nugroho, Danang (2017) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL GESCHOOL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIKUNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA (Pokok Bahasan Hubungan Manusia dan Lingkungan akibat Dinamika Hidrosfer pada Kelas X IIS 1 SMA N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (209Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Danang Suryo Nugroho. PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL GESCHOOL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA (Study Kasus pada Materi Hubungan Manusia dan Lingkungan akibat Dinamika Hidrosfer Kelas X IIS 1 SMAN 1 Sukoharjo, Tahun Ajaran 2013 / 2014). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar Geografi pada siswa kelas X IIS 1 SMAN 1 Sukoharjodengan penerapanmedia sosial geschool sebagai media pembelajaran online. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 1 SMA N 1 Sukoharjo semester genap tahun ajaran 2013/2014 untuk mata pelajaran Geografi, dengan jumlah 28 peserta didik, yang yang terdiri dari 9 peserta didik laki–laki dan 19 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, angket, tes, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapanmedia sosial Geschool sebagai media pembelajaran online dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo pada materi Hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika hidrosfer. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil pengamatan Prasiklus ke Siklus 1 dari 10,72% menjadi 53,57%, meningkat 42,85%. Siklus 1 ke Siklus 2 dari 53,57% menjadi 78,57%, meningkat 25%.(2) penerapanmodel media sosial Geschool sebagai media pembelajaran online dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo pada materi Hubungan manusia dan lingkungan akibat dinamika hidrosfer. Hal tersebut dapat ditunjukkan berdasarkan hasil tes pada akhir siklus 2 indikator keberhasilan lebih dari 75%. Tingkat ketuntasan siswa pada hasil belajar kognitif pada siklus kedua sebesar 81,79%. Tingkat ketuntasan pada hasil belajar afektif pada siklus kedua sebesar 85,71%. Tingkat ketuntasan pada hasil belajar psikomotorik pada siklus kedua sebesar 92,85%. Kata Kunci : Media Sosial Geschool, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 16 Nov 2017 14:00
    Last Modified: 16 Nov 2017 14:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36053

    Actions (login required)

    View Item