PENGARUH KOMBINASI WAKTU DAN TEKANAN STERILISASI TERHADAP NILAI STERILITAS (Fo) DAN SIFAT FISIK RENDANG DALAM KEMASAN RETORT POUCH

Maulani, Maghfira Dwi (2017) PENGARUH KOMBINASI WAKTU DAN TEKANAN STERILISASI TERHADAP NILAI STERILITAS (Fo) DAN SIFAT FISIK RENDANG DALAM KEMASAN RETORT POUCH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (253Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kombinasi waktu dan tekanan sterilisasi terhadap nilai sterilitas (Fo), sifat fisik (tekstur dan warna) rendang dalam kemasan retort pouch dan mengetahui perbandingan antara nilai sterilitas yang didapatkan dari metode umum dan metode formula. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 1 faktor yaitu kombinasi waktu (30, 40, dan 50 menit) dan tekanan (1,1 dan 1,3 bar). Penelitian ini dilakukan dengan 3 kali ulangan analisis. Selanjutnya dianalisis menggunakan One-Way ANOVA dan jika terdapat perbedaan antar perlakuan dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf signifikansi 0,05 dan untuk mengetahui Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi waktu dan tekanan sterilisasi berpengaruh signifikan terhadap nilai sterilitas (Fo) dan tekstur dari rendang dalam kemasan retort pouch. Namun, kombinasi waktu dan tekanan sterilisasi tidak berpengaruh terhadap nilai oHue warna rendang dalam kemasan retort pouch. Dimana pada perlakuan 1,1 bar waktu 30 menit dan tekanan 1,3 bar waktu 30 menit rendang belum mencapai kondisi steril komersial. Perhitungan nilai sterilitas (Fo) menggunakan metode umum dan metode formula tidak berbeda nyata.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 14 Nov 2017 19:01
    Last Modified: 14 Nov 2017 19:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36032

    Actions (login required)

    View Item