Studi Komparasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Learning Cycle 4E Ditinjau dari Kemampuan Analisis terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Larutan Penyangga Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Surakarta Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

kurnia wati, friska (2017) Studi Komparasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Learning Cycle 4E Ditinjau dari Kemampuan Analisis terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Larutan Penyangga Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Surakarta Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (821Kb)

    Abstract

    Friska Kurnia Wati. STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN LEARNING CYCLE 4E DITINJAU DARI KEMAMPUAN ANALISIS TERHADAP PRESTASI SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 SURAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan learning cycle 4E terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga, (2) pengaruh kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga, dan (3) interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan learning cycle 4E dengan kemampuan analisis terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga. Metode ilmiah yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen desain faktorial 2x3 dengan analisis kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 4 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes (angket, observasi, dan dokumentasi). Teknik analisis data untuk prestasi belajar aspek pengetahuan menggunakan uji statistik parametrik Analisis Variansi (ANAVA) dua jalan sel tak sama, sedangkan untuk prestasi belajar aspek sikap dan keterampilan menggunakan uji statistik nonparametrik Kruskal Wallis. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh lebih baik dari pada learning cycle 4E terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan keterampilan, namun tidak terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar aspek sikap pada materi larutan penyangga, (2) kemampuan analisis tinggi, sedang, dan rendah berpengaruh terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan keterampilan, namun tidak terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar aspek sikap pada materi larutan penyangga, dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan learning cycle 4E dengan kemampuan analisis terhadap prestasi belajar aspek keterampilan, namun tidak terdapat interaksi terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan dan sikap pada materi larutan penyangga. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Learning Cycle 4E, Kemampuan Analisis, Larutan Penyangga

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 10 Nov 2017 00:55
    Last Modified: 10 Nov 2017 00:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36019

    Actions (login required)

    View Item