PENDEKATAN PSIKOEDUKASI INTEGRATIF MODEL PADA REMAJA DENGAN LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK DISERTAI DEPRESI

TRI, OKTAVIYANTINI (2017) PENDEKATAN PSIKOEDUKASI INTEGRATIF MODEL PADA REMAJA DENGAN LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK DISERTAI DEPRESI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (95Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Latar Belakang: Remaja dengan Lupus Eritematosus Sistemik (LES) yang disertai depresi adalah masalah yang sering timbul akibat beberapa faktor. Sehingga penanganan secara komprehensif dengan memberikan pengetahuan tentang faktor penyakit yang dikaitkan dengan faktor biologi, faktor psikologis dan faktor sosial diharapkan dapat membantu menghadapi berbagai masalah. Tujuan: Mampu melakukan psikoedukasi integratif model, dan menghasilkan modul sebagai penuntun aplikasi psikoedukasi integratif model, mengevaluasi keberhasilan psikoedukasi integratif model Metode: Studi ini menggunakan pendekatan operational research berbentuk studi kasus yang dilakukan pada dua pasien remaja dengan LES yang disertai depresi, menggunakan modul psikoedukasi integratif model. Hasil: Psikoedukasi integratif model dapat memperbaiki psikopatologi depresi pada remaja dengan LES. Psikoedukasi integratif model dengan setting terapi individu dilakukan selama enam sesi. Kedua subjek menyelesaikan terapi hingga akhir kontrak. Terdapat perbaikan pada psikopatologi depresi, meskipun tingkat kesembuhan belum mencapai otonomi pada kedua subjek. Simpulan: Psikoedukasi integratif model dapat memperbaiki psikopatologi depresi pada pasien remaja dengan LES. Modul yang dipakai dalam studi ini dapat digunakan sebagai pedoman kasus lain yang serupa di kemudian hari. Kata Kunci: Psikoedukasi integratif model, Lupus Eritematosus Sistemik, depresi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 09 Nov 2017 23:26
    Last Modified: 09 Nov 2017 23:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36012

    Actions (login required)

    View Item