STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DENGANMETODE CERAMAH TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA

Putri, Permata Gita (2010) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DENGANMETODE CERAMAH TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

Full text not available from this repository.

Abstract

proses belajar mengajar itu berlangsung. Sekolah sebagai pendidikan formal terdapat kegiatan belajar mengajar dimana terjadi interaksi antara guru dan siswa. Seorang guru yang secara langsung terlibat dalam proses pembelajaran, memegang peranan penting dalam menentukan hasil belajar yang dicapai siswanya sehingga guru harus dapat memilih dan menentukan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran, dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar maka materi yang disampaikan oleh guru akan mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa sehingga siswa merasa senang dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. SMA Muhammadiyah 2 Surakarta pada tahun 2009 telah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran. Berdasarkan data sekunder diketahui hasil belajar geografi siswa masih kurang maksimal karena rata-rata nilai mid semester mata pelajaran geografi pada Kelas XI Program IPS sebesar 57 sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimum di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta adalah 60.Hal tersebut dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga membuat siswa merasa bosan. Adanya rasa bosan dari siswa terlihat dari indikator sikap siswa diantaranya siswa mengantuk saat pelajaran berlangsung, siswa bercanda satu sama lain saat diterangkan oleh guru bahkan mengganggu teman yang lain yang menyebabkan materi yang disampaikan guru tidak sepenuhnya terserap oleh siswa sehingga hasil belajarnya kurang maksimal. Banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya adalah metode ceramah yang disertai tanya jawab. Metode tersebut pada dasarnya adalah penggabungan dari metode ceramah dengan metode tanya jawab yang bertujuan untuk mengurangi kelemahan dari metode ceramah yang cenderung membuat siswa bosan, dengan variasi tersebut, materi pembelajaran dapat disampaikan secara praktis oleh guru dan dapat melatih keberanian siswa untuk berpendapat, akan tetapi metode ceramah tanya jawab juga mempunyai keterbatasan karena dalam metode tersebut, seorang guru diposisikan sebagai sumber belajar utama bagi siswa dan bukan sebagai fasilitator sehingga kreativitas siswa kurang berkembang. Pertanyaan yang diajukan oleh guru terkadang membuat siswa merasa takut dan menciptakan suasana tegang serta waktu banyak terbuang karena dengan jumlah siswa yang banyak, tidak mungkin cukup waktu untuk memberikan pertanyaan kepada setiap siswa. Variasi metode pembelajaran yang lain adalah metode jigsaw. Metode jigsawmerupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif, dimana kelas dibagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari kelompok asal dan kelompok ahli. Kelompok asal adalah kelompok induk siswa yang beranggotakan siswa dengan kemampuan asal yang berbeda, sedangkan kelompok ahli adalah kelompok siswa yang terdiri dari anggota kelompok asal yang berbeda yang ditugaskan untuk mempelajari dan mendalami topik tertentu dan menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan topik untuk kemudian dijelaskan kepada kelompok asal. Penggunaan metode jigsawdalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat melatih ketrampilan sosial, meningkatkan hasil belajar, keaktifan dan tanggung jawab siswa, akan tetapi metode jigsawjuga memiliki keterbatasan karena kurang efektif apabila waktu yang tersedia relatif singkat sedangkan materi pembelajaran sangat banyak, selain itu suasana kelas terkesan ribut dan kurang tertib.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: UNSPECIFIED
Depositing User: Andika Setiawan
Date Deposited: 14 Jul 2013 08:30
Last Modified: 14 Jul 2013 08:34
URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3601

Actions (login required)

View Item