SUKSESI KEPEMIMPINAN GENERASI PENDAHULU KEPADA GENERASI PENERUS DALAM BISNIS KELUARGA (Studi Kasus Industri Batik di Laweyan dan Kauman Surakarta)

ISTIANTO, SUNARTO (2017) SUKSESI KEPEMIMPINAN GENERASI PENDAHULU KEPADA GENERASI PENERUS DALAM BISNIS KELUARGA (Studi Kasus Industri Batik di Laweyan dan Kauman Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    ABSTRAK SUNARTO ISSTIANTO. T.620208020. SUKSESI KEPEMIMPINAN GENERASI PENDAHULU KEPADA GENERASI PENERUS DALAM BISNIS KELUARGA (Studi Kasus Industri Batik di Laweyan dan Kauman Surakarta). Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pembimbing : Prof. Dr. Ir. Suprapti Supardi, MP. (Promotor), Dr. Sapja Anantanyu, SP., M.Si (Co-Promotor I) dan Dr. Mahendra Wijaya, MS (Co-Promotor II) Penelitian ini bertujuan mengkaji suksesi kepemimpinan generasi pendahulu kepada generasi penerus dalam bisnis keluarga batik dan studi kasus dilakukan di Laweyan dan Kauman. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis kepemimpinan generasi pendiri ke generasi penerus dalam bisnis keluarga di kampung batik Laweyan dan Kauman. (2) Menganalisis suksesi kepemimpinan yang dilakukan dalam bisnis keluarga di Kampung Batik Laweyan dan Kauman, (3) Mengetahui budaya organisasi dalam menjalankan bisnis keluarga di Kampung Laweyan dan Kauman (4) Mengetahui model pemberdayaan untuk suksesi kepemimpinan untuk keberlanjutan dalam bisnis keluarga. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara yang telah dibuat. Hasil penelitian ini adalah suksesi kepemimpinan generasi lama ke generasi penerus dalam bisnis keluarga di kampung batik Laweyan dan Kauman menunjukkan bahwa kemampuan memimpin dan mempengaruhi generasi penerus melalui suksesi kepemimpinan untuk keberlanjutan dalam bisnis keluarga dilakukan melalui internalisasi, capacity building, suksesi kepemimpinan, dan budaya organisasi yang didukung adanya inervensi dari stakeholder sehingga menghasilkan beberapa kompetensi generasi penerus baik compete*nsi internal dan kompetensi eksternal serta etos kerja dari generasi penerus. Dampak yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah kemandirian generasi penerus dan keberlanjutan bisnis keluarga. Kata Kunci : Suksesi Kepemimpinan, Bisnis Keluarga, Budaya Organisasi, Batik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Penyuluhan Pembangunan
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 09 Nov 2017 22:58
    Last Modified: 09 Nov 2017 22:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/36007

    Actions (login required)

    View Item