Kemitraan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Surakarta (Studi Kemitraan pada Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus, dan Akademi Orangtua Surakarta) )

Zulfatindayu, Azyani (2017) Kemitraan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Surakarta (Studi Kemitraan pada Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus, dan Akademi Orangtua Surakarta) ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (782Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Azyani Zulfatindayu. D0113015. 2017. Kemitraan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Surakarta. Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. 124 halaman. Pendidikan inklusif merupakan model pendidikan anti diskriminasi yang memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus belajar bersama dengan anak-anak lain dalam satu ruang kelas yang sama demi mewujudkan pendidikan bagi semua. Selama ini masih terdapat masalah dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Surakarta yaitu masalah keterbatasan akses pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dan terbatasnya kemampuan Guru Pendamping Khusus (GPK) di Surakarta. Untuk itulah diperlukan keterlibatan dari lembaga swasta dan masyarakat untuk memecahkan masalah tersebut sesuai dengan paradigma governance melalui kemitraan diantara Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus, dan masyarakat yang tergabung dalam Akademi Orang tua Surakarta (AORTA). Penelitian ini melihat proses kemitraan berdasarkan teori Uhlik dan mengukur tingkat kemitraan menggunakan teori Heidenim. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemitraan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Surakarta telah berjalan dengan baik dilihat dari aspek kemitraan yang terdiri dari hubungan, sumber daya, jaringan, dan organisasi. Berdasarkan aspek tersebut dapat diketahui bahwa kemitraan tersebut termasuk dalam tingkatan koalisi. Semua stakeholders yang terkait dengan kemitraan menjalankan peran dan tanggung jawabnya demi membuka akses pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dan peningkatan kompetensi GPK. Kata kunci: kemitraan, pendidikan inklusif, pendidikan untuk semua.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Indrawan indra
    Date Deposited: 09 Nov 2017 16:11
    Last Modified: 09 Nov 2017 16:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35997

    Actions (login required)

    View Item