studi komparasi kemampuan metakognisi model instad dipadu mind map dengan ceramah bervariasi pada siswa kelas x sma batik 1 surakarta tahun pelajaran 2014/2015

WIDATAMI, SALINDRI (2017) studi komparasi kemampuan metakognisi model instad dipadu mind map dengan ceramah bervariasi pada siswa kelas x sma batik 1 surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (303Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Salindri Widatami. K4309073. STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN METAKOGNISI MODEL INSTAD DIPADU MIND MAP DENGAN CERAMAH BERVARIASI PADA SISWA KELAS X SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan metakognisi menggunakan model InSTAD dipadu dengan Mind Map dengan menggunakan ceramah bervariasi pada siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan desain penelitian adalah Post-test only with Non Equivalent Group. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran InSTAD dipadu Mind Map pada kelas eksperimen dan ceramah bervariasi pada kelas pembanding. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik observasi, dan teknik angket metakognisi (MAI). Uji hipotesis menggunakan Uji-t. Hasil uji hipotesis perbedaan penerapan model pembelajaran InSTAD dipadu dengan Mind Map dengan menggunakan ceramah bervariasi terhadap kemampuan metakognisi siswa diperoleh hasil signifikasi sebesar 0,040. Nilai rata-rata kemampuan metakognisi di kelas eksperimen sebesar 75,74 sedangkan nilai rata-rata kemampuan metakognisi pada kelas pembanding sebesar 72,18. Kesimpulan pada penelitian ini adalah adanya perbedaan kemampuan metakognisi siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 menggunakan Model InSTAD dipadu Mind Map dengan ceramah bervariasi. Kata Kunci : Inkuiri, STAD, InSTAD, Mind Map, Kemampuan Metakognisi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 09 Nov 2017 12:14
    Last Modified: 09 Nov 2017 12:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35993

    Actions (login required)

    View Item