Peningkatan Hasil Belajar Aktivitas Untuk Kecepatan Melalui Penerapan Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas V SDN 2 Gadu Kec. Sambong Kab. Blora Tahun Ajaran 2016/2017

ANDHIKA, RUDY (2017) Peningkatan Hasil Belajar Aktivitas Untuk Kecepatan Melalui Penerapan Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas V SDN 2 Gadu Kec. Sambong Kab. Blora Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (778Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rudy Andhika K4612129. PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKTIVITAS UNTUK KECEPATAN MELALUI PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA SISWA KELAS V SDN 2 GADU KEC. SAMBONG KAB. BLORA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2017. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar aktivitas untuk kecepatan pada siswa kelas V SDN 2 Gadu Kec. Sambong Kab. Blora tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Gadu Kec. Sambong Kab. Blora yang berjumlah 25 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi atau arsip.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada pra siklus dari jumlah siswa 25. Dalam kondisi awal siswa yang tuntas 8 siswa atau 32%, pada siklus I siswa yang tuntas 17 atau 68% dan pada siklus 2 siswa yang tuntas 25 atau 100%. Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan permainan tradisional dapat meningkatkan hasil belajar aktivitas untuk kecepatan pada siswa kelas V SDN 2 Gadu Kec. Sambong Kab. Blora tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Hasil Belajar, Aktivitas untuk Kecepatan, Permainan Tradisional.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 09 Nov 2017 12:05
    Last Modified: 09 Nov 2017 12:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35991

    Actions (login required)

    View Item