Pengaruh Strategi Bisnis terhadap Real Earning Management (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang listing di BEI tahun 2012-2015)

Bramastya, Rivanda Adam (2017) Pengaruh Strategi Bisnis terhadap Real Earning Management (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang listing di BEI tahun 2012-2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (864Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bisnis terhadap real earning management. Strategi bisnis dibagi menjadi strategi korporasi yang diukur dengan diversifikasi operasi dan diversifikasi geografis, dan strategi tingkat unit bisnis diukur dengan strategi cost leadership dan strategi product differentiation. Real earning management merupakan manajemen laba melalui manipulasi penjualan, pengurangan biaya diskresioner, dan produksi yang berlebihan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi korporasi yang diukur menggunakan strategi diversifikasi operasi dan diversifikasi geografis tidak berpengaruh terhadap aktivitas manajeman laba riil. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi unit bisnis yaitu strategi cost leadership berpengaruh positif terhadap aktivitas manajemen laba riil, sedangkan strategi product differentiation memiliki pengaruh negatif terhadap aktivitas manajemen laba riil

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 08 Nov 2017 23:31
    Last Modified: 08 Nov 2017 23:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35985

    Actions (login required)

    View Item