Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Konkret dalam Peningkatan Keterampilan Proses Dasar dan Hasil Belajar IPA tentang Cahaya pada Siswa Kelas V SD Negeri 7 Kutosari Tahun Ajaran 2016/2017

rakhmawati, yogi (2017) Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Konkret dalam Peningkatan Keterampilan Proses Dasar dan Hasil Belajar IPA tentang Cahaya pada Siswa Kelas V SD Negeri 7 Kutosari Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img] PDF - Published Version
Download (653Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yogi Rakhmawati. K7113238. PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DASAR DAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG CAHAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 7 KUTOSARI TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, April 2017. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model inkuiri terbimbing dengan media konkret, (2) mendiskripsikan peningkatan keterampilan proses dasar IPA tentang cahaya melalui penerapan model inkuiri terbimbing dengan media konkret, dan (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media konkret pada siswa kelas V SD Negeri 7 Kutosari Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Pada tiap pertemuan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V SDN 7 Kutosari yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model inkuiri terbimbing dengan media konkret yaitu; (a) orientasi, (b) konseptualisasi, (c) investigasi, (d) membuat kesimpulan, dan (e) mendiskusikan hasil. (2) penerapan model inkuiri terbimbing dengan media konkret dapat meningkatkan keterampilan proses dasar dan hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Kutosari tahun ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan meningkatnya persentase keterampilan proses dasar dan persentase ketuntasan hasil belajar. Untuk keterampilan mengamati mencapai 72% pada siklus I, 87% pada siklus II, dan 91% pada siklus III; keterampilan interpretasi mencapai 57% pada siklus I, 81,5% pada siklus II, dan 88% pada siklus III; keterampilan mengkomunikasikan mencapai 64,5% pada siklus I, 86% pada siklus II, dan 90% pada siklus III; keterampilan menyimpulkan mencapai 70% pada siklus I, 84,5% pada siklus II, dan 89% pada siklus III. (3) Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari meningkatnya rerata nilai hasil belajar siswa pada siklus I dengan skor 74, siklus II dengan skor 81, dan pada siklus III dengan skor 88. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model inkuiri terbimbing dengan media konkret dapat meningkatkan keterampilan proses dasar dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 7 Kutosari tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: inkuiri terbimbing, media konkret, keterampilan proses dasar, hasil belajar IPA ABSTRACT Yogi Rakhmawati. K7113238. THE USE OF GUIDED INQUIRY LESSON USING CONCRETE MEDIA IN IMPROVING PROCESS BASIC PROCESS OF SKILL AND LEARNING OUTCOMES OF IPA ABOUT LIGHT FOR FIFTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 7 KUTOSARI IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta, April 2017. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the use of guided inquiry lesson using concrete media, (2) to describe the improvement basic process of skill on IPA about light through the use of guided inquiry lesson using concrete media, and (3) to describe the improvement of learning outcome on IPA through the use of guided inquiry lesson using concrete for fifth grade students of SD NEGERI 7 kutosari in the academic year of 2016/2017. This research is a collaborative classroom action research (CAR) conducted within three cycles included five meetings. Each cycle consisted of four stages, namely; planning, conducting, observing, and reflecting. Subjects of the research were a teacher and 32 fifth grade students. Techniques of collecting data were non test (observation and interview) and test. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research show that: (1) the steps on the use of guided inquiry lesson using concrete media, namely; (a) orientation, (b) conceptualization, (c) investigation, (d) drawing conclusion, and (e) discussing results. (2) the use of guided inquiry lesson using concrete media can improve basic process of skill on IPA about light and learning outcome on IPA for fifth grade students of SD NEGERI 7 Kutosari in the academic year of 2016/2017. It was proven by the increase of percentage basic process skill and the number of learning outcomes. For observing skill, 72% was shown in the cycle I, 87% in the cycle II, and 91% in the cycle III; for interpreting skill 57% in the cycle I, 81,5% in the cycle II, and 88% in the cycle III; for communicating skill 64,5% in the cycle I, 86% in the cycle II, and 90% in the cycle III; drawing conclusion skill 70% in the cycle I, 84,5% in the cycle II, and 89% in the cycle III. (3) The improvement of students’ learning outcomes can be seen from the increase number of students score; 74 in the cycle I, 81 in the cycle II, and 88 in the cycle III. The conclusion of this research is the use of guided inquiry lesson using concrete media can improve basic process of skill on IPA about light and learning outcome on IPA for fifth grade students of SDN 7 Kutosari in the academic year of 2016/2017. Kata kunci: guided inquiry, concrete media, basic process of skill, learning outcome of IPA

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 07 Nov 2017 23:59
    Last Modified: 07 Nov 2017 23:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35980

    Actions (login required)

    View Item