Penerapan Model Course Review Horay Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Panas dan Bunyi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2016/2017)

yulianingsih, tri (2017) Penerapan Model Course Review Horay Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Panas dan Bunyi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, universitas sebelas maret.

[img] PDF - Published Version
Download (841Kb)

    Abstract

    ABSTRAK TRI YULIANINGSIH : PENERAPAN MODEL COOURSE REVIEW HORAY BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI PANAS DAN BUNYI ( PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017)Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep energi panas dan bunyi mellui penerapan model Course Reviw Horay berbasis Eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Taji yang berjumlah 28 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan arsip nilai ulangan harian IPA serta hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran dengan model Course Review Horay berbasis Eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumen dan tes. Validitas data dengan menggunakan validitas isi, sumber dan teknik. Analisis data meggunakan analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Course Review Horay berbasis Eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Taji. Hal ini dibuktikan pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata siswa 53,4 dengan persentase ketuntasan klasikal 39,29%, pada siklus I meningkat yaitu nilai rata-rata siswa menjadi 73,42 dengan persentase ketuntasan klasikal 64,28%, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77,71 dengan persentase ketuntasan klasikal 89,29%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan mode Course Review Horay berbasis Eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Taji Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, model Course Review Horay berbasis Eksperimen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 07 Nov 2017 23:28
    Last Modified: 07 Nov 2017 23:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35977

    Actions (login required)

    View Item