PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMELIHARAAN KESEHATAN TUBUH MANUSIA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 )

pirson, (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMELIHARAAN KESEHATAN TUBUH MANUSIA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017 ). Other thesis, universitas sebelas maret.

[img] PDF - Published Version
Download (514Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Pirson K77112363. Peningkatan Pemahaman Pemeliharaan Kesehatan Tubuh Manusia Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kleco 1 No. 7 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pemeliharaan kesehatan tubuh manusia dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran contextual teaching and learning pada siswa kelas IV SD Negeri I No.7 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data, yaitu dokumentasi, wawancara, observasi, tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa inilai rata-rata kelas pemahaman pemeliharaan kesehatan tubuh manusia dalam pembelajaran IPA kondisi awal adalah 71,06 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 32,36%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,11 dengan persentase ketuntasan 76,47%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 86,19 dengan persentase ketuntasan kelas 91,18%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan pemahaman pemeliharaan kesehatan tubuh manusia dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci: Pemahaman Pemeliharaan Kesehatan Tubuh Manusia, Model Contextual Teaching and Learning. vi ABSTRACT Pirson. K77112363. The Improvement of Understanding on Human Body Health Maintenance in Natural Science Learning using Contextual Teaching and Learning (A Classroom Action Research on the 4th Graders of SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta in the school year of 2016/2017). Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, May 2017. The objective of research was to improve the understanding on human body health maintenance in Natural Science Learning using Contextual Teaching and Learning in the 4th graders of SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta in the school year of 2016/2017. This study was a Classroom Action Research (CAR) consisting of two cycles, each of which consisted of four stages: planning, acting, observing, and reflecting. Techniques of collecting data used were documentation, interview, observation, and test. Data validation was carried out using source and technique triangulations. Technique of analyzing data used was an interactive model of analysis. The result of research showed that mean class score of understanding on human body health maintenance in Natural Science learning was 71.06 in prior condition with the percentage successful passing of 32.36%. This figure increased to 77.11 in cycle I with the percentage successful passing of 76.47%, and to 86.19 with the percentage successful passing of 91.18%. Considering the result of research, it could be concluded that the application of contextual teaching and learning model could improve the understanding on Human Body Health Maintenance in Natural Science Learning using Contextual Teaching and Learning in the 4th graders of SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta in the school year of 2016/2017. Keywords: Understanding on Health maintenance, Contextual Teaching and Learning Model

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 07 Nov 2017 21:22
    Last Modified: 07 Nov 2017 21:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35953

    Actions (login required)

    View Item