PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL EKONOMI MAKRO DAN SENTIMEN PASAR TERHADAP HARGA SAHAM PADA LIMA NEGARA DI ASEAN (PERIODE 2000:1 – 2016:4)

w, novianggra (2017) PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL EKONOMI MAKRO DAN SENTIMEN PASAR TERHADAP HARGA SAHAM PADA LIMA NEGARA DI ASEAN (PERIODE 2000:1 – 2016:4). Other thesis, universitas sebelas maret.

[img] PDF - Published Version
Download (708Kb)

    Abstract

    Pengaruh Faktor Fundamental Ekonomi Makro dan Sentimen Pasar terhadap Harga Saham pada Lima Negara di ASEAN (Periode 2000:1 – 2016:4) Novianggra Widyasmara NIM : F0113070 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental ekonomi makro dan sentimen pasar terhadap harga saham di negara Indoneisa, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga saham pada masing-masing negara, pertumbuhan ekonomi, likuiditas perekonomian (M2/GDP), tingkat inflasi, dan tingkat kurs.Data yang digunakan adalah data kuartalan dari tahun 2000 – 2016.Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda data panel. Hasil pengujian regresi menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi berpengaruh positifsignifikan terhadap harga saham.Likuiditas perekonomian berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap harga saham.Sementara itu, tingkat kurs berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham.Hal tersebut berarti bahwa faktor sentimen pasar lebih dominan dalam mempengaruhi fluktuasi harga saham daripada faktor fundamental ekonomi makro. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah agar para investor dan Pemerintah masing-masing negara harus lebih memperhatikan faktor sentimen pasar (tingkat inflasi dan tingkat kurs) daripada pada faktor fundamental ekonomi makro (pertumbuhan ekonomi dan likuiditas perekonomian). Kata kunci :Fluktuasi harga saham, pertumbuhan ekonomi, M2/GDP, tingkat inflasi, tingkat kurs

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 07 Nov 2017 01:11
    Last Modified: 07 Nov 2017 01:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35948

    Actions (login required)

    View Item