Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Pecahan Campuran (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Sumber II Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

dian puspita, mutia (2017) Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Pecahan Campuran (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Sumber II Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, universitas sebelas maret.

[img] PDF - Published Version
Download (895Kb)

    Abstract

    Abstract: The objective of this research is to improve the ability of calculating mixed fractions through the implementation of Problem Solving Learning model. The research is a classroom action research (CAR) which was conducted for two cycles. Each cycle consists of four stages, they are planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research is fifth grade students of SD Negeri Sumber II Surakarta with the amounts of 42 students. The techniques of collecting data which used were test, observation, interview, and documentation. Validity of data used was content validity and triangulation. Techniques of analyzing data used was interactive analysis technique.The result of this research show that Problem Solving Learning model can improve the ability of calculating mixed fractions. This is proved in the initial conditions before the action being implemented (pre-cycle) the average grade of class was 61,90, in the first cycle the average grade of class increased to 76,19, and the second cycle the average grade of class increased more to 81,67. Before the action was held ((pre-cycle), the students who obtained the similar score or passing the grade (≥75) were 16 of the students (38,10%), in the first cycle the students who passed were 31 students (73,80%), and in the second cycle the number of students who acquired passing grade increased to 35 students (83,33%).Based on the result of this research can be concluded that with implementation of Problem Solving Learning model can improve the ability to calculating mixed fractions in fifth grade students of SD Sumber II Surakarta in the academic year of 2016/2017. Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menghitung pecahan campuran melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving Learning. Bentuk penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sumber II Surakarta dengan jumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving Learning dapat meningkatkan kemampuan menghitung pecahan campuran. Hal ini terbukti dari nilai setiap siklus yaitu pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan (prasiklus) nilai rata-rata kelas 61,90, pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,19, dan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 81,67. Sebelum dilaksanakan tindakan (prasiklus), siswa yang memperoleh nilai sama dengan atau di atas KKM (≥75) sebanyak 16 siswa (38,10%), siklus I yang tuntas sebanyak 31 siswa (73,80%), dan pada siklus II yang tuntas sebanyak 35 siswa (83,33%)Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving Learning dapat meningkatkan kemampuan menghitung pecahan campuran pada Siswa Kelas V SD Negeri Sumber II Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci: Problem Solving Learning, kemampuan menghitung, pecahan campuran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 07 Nov 2017 00:45
    Last Modified: 07 Nov 2017 00:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35944

    Actions (login required)

    View Item