Penanganan Terhadap Pembatalan Sepihak oleh Eksportir dalam Pembuatan Phytosanitary Certificate pada PT Link Pasipik Indonusa (Cabang Semarang)

nandani, mega (2017) Penanganan Terhadap Pembatalan Sepihak oleh Eksportir dalam Pembuatan Phytosanitary Certificate pada PT Link Pasipik Indonusa (Cabang Semarang). Other thesis, universitas sebelas maret.

[img] PDF - Published Version
Download (647Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENANGANAN TERHADAP PEMBATALAN SEPIHAK OLEH EKSPORTIR DALAM PEMBUATAN PHYTOSANITARY CERTIFICATE PADA PT LINK PASIPIK INDONUSA (CABANG SEMARANG) MEGA NANDANI F3114043 Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tindakan yang dilakukan PT Link Pasipik Indonusa (Cabang Semarang) dalam menangani pembatalan sepihak oleh eksportir dalam pembuatan phytosanitary certificate, mengetahui faktor penyebab pembatalan sepihak oleh eksportir dalam pembuatan phytosanitary certificate, dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi PT Link Pasipik Indonusa dalam menyelesaikan kasus pembatalan sepihak oleh eksportir dalam pembuatan phytosanitary certificate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif studi kasus mengenai penanganan terhadap pembatalan sepihak oleh eksportir dalam pembuatan phytosanitary certificate pada PT Link Pasipik Indonusa (Cabang Semarang). Data primer penulis dapatkan dari wawancara secara langsung dengan karyawan bagian ekspor dan bagian operasional PT Link Pasipik Indonusa (Cabang Semarang), observasi penulis lakukan langsung di PT Link Pasipik Indonusa (Cabang Semarang), sedangkan data sekunder penulis dapatkan dari studi pustaka beberapa buku yang berkaitan dengan phytosanitary certificate. Hasil penelitian ini adalah faktor penyebab pembatalan sepihak oleh eksportir dalam pembuatan phytosanitary certificate karena eksportir tidak memberikan contoh betelnuts kepada balai besar karantina untuk di uji laboratorium, dan eksportir tidak bersedia mengeluarkan biaya untuk fumigasi di Balai Besar Karantina. Penanganan secara rinci yang dilakukan oleh PT Link Pasipik Indonusa (Cabang Semarang) dalam menyelesaikan pembatalan sepihak oleh eksportir dalam pembuatan phytosanitary certificate dan kendala yang dihadapi PT Link Pasipik Indonusa (Cabang Semarang) yaitu masalah waktu dan tenaga, dan setelah kasus ini selesai PT Link pasipik Indonusa (Cabang Semarang) tidak dapat log in PPK online. Kata Kunci: Freight Forwarder, Pembatalan Sepihak, Ekspor, Phytosanitary Certificate.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 07 Nov 2017 00:05
    Last Modified: 07 Nov 2017 00:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35939

    Actions (login required)

    View Item