PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 1 SEMANDING KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017

khomariah, isti (2017) PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 1 SEMANDING KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1506Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Isti Khomaria. PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 1 SEMANDING KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas V SDN 1 Semanding tahun ajaran 2016/2017 menggunakan media infografis. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas V SDN 1 Semanding pada semester dua tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan skala psikologi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas konstruk dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif komparatif, analisis kritis, dan analisis interaktif. Analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media infografis dapat meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas V SDN 1 Semanding tahun ajaran 2016/2017. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang berminat belajar IPS tinggi atau sangat tinggi mulai dari pratindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada pratindakan, siswa yang berminat belajar IPS tinggi atau sangat tinggi hanya sebesar 20% atau 5 siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 40% atau 10. Pada siklus II meningkat menjadi 64% atau 16 siswa. Pada siklus III meningkat menjadi 88% atau 22 siswa. Kata kunci: Media Infografis, Minat Belajar IPS, Siswa Sekolah Dasar ABSTRACT Isti Khomaria. INFOGRAPHICS AS THE LEARNING MEDIA TO IMPROVE THE LEARNING INTEREST IN STUDYING SOCIAL STUDIES AT FIFTH GRADE OF STATE ELEMENTARY SCHOOL 1 SEMANDING, GOMBONG, KEBUMEN IN THE ACADEMIC YEAR 2016/2017. Undergraduate Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, June 2017. The research aimed to improve the learning interest in learning social studies by applying infographics as the learning media at fifth grade of State Elementary School 1 Semanding, Gombong, Kebumen in the academic year 2016/2017. This research was a classroom action research which was held in three cycles. There were four stage in each cycle, which were planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were a teacher and 25 students from the fifth grade in the second semester of State Elementary School 1 Semanding, Gombong, Kebumen in the academic year 2016/2017. The data sources were the teacher and the students. The data collecting techniques were in depth interview, observation, and psychological scale. Data validity were construct validity and content validity. Data analysis were descriptive comparative statistics, critical analysis, and interactive analysis. Interactive analysis consisted of data collection, data reduction, data display, and conclusion.drawing. Based on the result of the research, a conclusion is drawn that the use of infographics as the learning media can improve the learning interest in studying social studies at fifth grade of State Elementary School 1 Semanding, Gombong, Kebumen in the academic year 2016/2017. The improvement could be seen by the number of students having high or very high interest in learning social studies which increased from pre-action till third cycle. In the pre-action, only 5 students or 20% students having high or very high interest in learning social studies. In the first cycle, it increased up to 10 students or 40% students. In the second cycle, it increased more up to 16 students or 64% students. In the third cycle, the increasing reached to 88% students or 22 students. Kata kunci: Infographics as The Learning Media, Social Studies’ Learning Interest, Elementary School Student

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 06 Nov 2017 23:01
    Last Modified: 06 Nov 2017 23:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35934

    Actions (login required)

    View Item