PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PECAHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Kedung Bolong Gunungkidul Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

jabah giya, isti (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PECAHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Kedung Bolong Gunungkidul Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, universitas sebelas maret.

[img] PDF - Published Version
Download (672Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Isti Jabah Giya Fahmi. K7113115. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PECAHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Kedung Bolong Gunungkidul Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017 Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan media flashcard dalam rangka meningkatkan kemampuan menghitung pecahan siswa kelas IV SDN Kedung Bolong Gunungkidul tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 24 dan guru kelas IV SDN Kedung Bolong Gunungkidul tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan kajian dokumen. Validitas data penelitian menggunakan triangulasi sumber, validitas isi, dan triangulasi teknik. Teknik analisis data adalah teknik analisis kritis, deskriptif komparatif, dan analisis interaktif. Hasil tindakan penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menghitung pecahan dari pratindakan hingga siklus II. Nilai rata-rata tes pratindakan yaitu 60,75 dengan ketuntasan klasikal 12,5%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas naik menjadi 77,71 dengan ketuntasan klasikal mencapai 66,67%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat meningkat menjadi 85,38 dan ketuntasan klasikal mencapai 83,33%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan menghitung pecahan pada siswa kelas IV SDN Kedung Bolong Gunungkidul tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Team Assisted Individualization, flashcard, Kemampuan Menghitung Pecahan ABSTRACT Isti Jabah Giya Fahmi. K7113115. THE IMPLEMENTATION OF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION LEARNING MODEL WITH FLASHCARD MEDIA TO IMPROVE THE ABILITY IN CALCULATING FRACTRIONS (The Classroom Action Research in the Fourth Grade Students of SDN Kedung Bolong Gunungkidul Yogyakarta of the academic year 2016/2017). Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, June 2016. Abstract: The purpose of the research is to describe the implementation of Team Assisted Individualization learning model with flashcard media in improving the ability in calculating fractions in the fourth grade students of SDN Kedung Bolong Gunungkidul of the academic year 2016/2017. This research took classroom action research (CAR) which was conducted in two cycles. Each cycle consists of four phases, there are planning, acting, observing, and reflecting. The subjects of this research were the teacher and the students as many as 24 students in the fourth grade of SDN Kedung Bolong Gunungkidul of the academic year 2016/2017. The data collecting techniques were observation, interview, test, and content analysis. The data validities used triangulation of resources, triangulation of technique, and validity of the content. The analysis techniques were critical analysis, comparative descriptive, and interactive analysis. The result of the research, showed an increased ability in calculating fractions before action until the second cycle. The average value in calculating fractions among students was 60,75 with subject completion rate of 12,5%. In the first cycle, the average value increased to 77,71 with subject completion rate 66,67%. In the second cycle, the average value increased to 85,38 with subject completion rate of 83,33%. Based on the results of the research, it can be concluded that the implementation of Team Assisted Individualization learning model with flashcard media can improve the ability in calculating fractions in the fourth grade of SDN Kedung Bolong Gunungkidul of the academic year 2016/2017. Keywords: Team Assisted Individualization, flashcard, the ability in calculating fractions

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 06 Nov 2017 22:51
    Last Modified: 06 Nov 2017 22:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35933

    Actions (login required)

    View Item