PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT – SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KERTEN II TAHUN AJARAN 2016/2017

bidadari malinda, istaana (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT – SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KERTEN II TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img] PDF - Published Version
Download (131Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Istaana Bidadari Malinda. PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT – SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KERTEN II TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sifat – sifat cahaya melalui penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) pada siswa kelas V SD Negeri Kerten II Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Kerten II yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 15 siswa laki – laki. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru, siswa, nilai pretest pemahaman konsep sifat – sifat cahaya dan dokumen yang berkaitan dengan pembelajaran sifat – sifat cahaya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Validitas data pada penelitian ini menggunakan validitas isi dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat – sifat cahaya siswa kelas V SDN Kerten II tahun ajaran 2016/2017. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata – rata tes pemahaman konsep setiap siklusnya. Pada pratindakan nilai rata – rata pemahaman konsep sifat – sifat cahaya sebesar 56 dengan ketuntasan klasikal 11 % atau sebanyak 3 siswa dari 28 siswa tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 68 dengan ketuntasan klasikal 57 % atau sebanyak 16 siswa dari 28 siswa tuntas. Pada siklus II meningkat menjadi 78 dengan ketuntasan klasikal 86 % atau sebanyak 24 siswa dari 28 siswa tuntas. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat – sifat cahaya siswa kelas V SDN Kerten II tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: pemahaman konsep sifat – sifat cahaya, pendekatan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) ABSTRACT Istaana Bidadari Malinda. THE APPLICATION OF SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AND INTELLECTUALY (SAVI) APPROACH TO IMPROVE THE COMPREHENSION OF LIGHT CHARACTERS CONCEPT FOR THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI KERTEN II IN ACADEMIC YEAR 2016/2017. Minithesis, Surakarta : The Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret Universityof Surakarta, June 2017. The purpose of this research is to improve the comprehension of light characters concept by application of Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) approach for the fifty grade students of SD Negeri Kerten II in academic year 2016/2017. This research was a Classroom Action Research which conducted two cycles. Each cycle consist of two meetings which includes planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research were a teacher and the fifth grade students of SDN Kerten II totaling 28 students, which consisted of 13 female students and 15 male students. The data sources in this research were from teacher, students, the pretest score and document which is related to comprehension of light characters. The data collecting techniques were test, observation, interview, and document. The validity of data in this research used content validity and triangulation of technique. Technique of analizing data used was an interactive model of analysis, wich such steps as data reduction, data display, and conclusion drawing or verification. The result of research showed the application of Somatic, Auditory, Visualization, and Intellectualy (SAVI) approach could improve comprehension of light characters concept for the fifty grade students of SD Negeri Kerten II in the academic year 2016/2017. It was proven by the increase of average scores in the sum of comprehension of light characters concept test for each cycles. The average score of pre-action was 56 with classical completeness of 11 % or 3 of 28 students were passed. The average score of cycle I was 68 with classical completeness of 57 % or 16 of 28 students were passed. The average score of cycle II was 78 with classical completeness of 86 % or 24 of 28 students were passed. The conclusion of this research is the application of Somatic, Auditory, Visualization, and Intellectualy (SAVI) approach could improve comprehension of light characters concept for the fifty grade students of SD Negeri Kerten II in academic year 2016/2017. Keywords : the comprehension of light characters, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) Approach

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 06 Nov 2017 22:35
    Last Modified: 06 Nov 2017 22:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35931

    Actions (login required)

    View Item