Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Jasa dan Peranan Tokoh-Tokoh Kemerdekaan (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas V SD Negeri Boyolali Tahun Ajaran 2016/ 2017)

arrahmah, zainab is us (2017) Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Jasa dan Peranan Tokoh-Tokoh Kemerdekaan (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas V SD Negeri Boyolali Tahun Ajaran 2016/ 2017). Other thesis, universitas sebelas maret.

[img] PDF - Published Version
Download (525Kb)

    Abstract

    Is Us Zainab Arrahmah. “Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Jasa Ddan Peranan Tokoh-Tokoh Kemerdekaan (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas V SD Negeri Boyolali Tahun Ajaran 2016/ 2017)”. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Surakarta, Juni 2017. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep jasa dan peranan tokoh-tokoh kemerdekaan dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas V SD Negeri 1 Mojosongo Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Mojosongo Kabupaten Boyolali yang berjumlah 29 siswa.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan pemahaman konsep jasa dan peranan tokoh-tokoh kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Mojosongo Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2016/2017. Pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakan, ketuntasan siswa pra tindakan sebesar 17,24%. Setelah menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 82,76%. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 93,1%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan pemahaman konsep jasa dan peranan tokoh-tokoh kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Mojosongo Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Pemahaman konsep, jasa dan peranan tokoh-tokoh kemerdekaan, model Course Review Horay

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 06 Nov 2017 22:26
    Last Modified: 06 Nov 2017 22:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35930

    Actions (login required)

    View Item