PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS IV SDN 4 BUMIREJO KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017

dewi puspita, intan (2017) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS IV SDN 4 BUMIREJO KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (892Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Intan Dewi Puspita. K7113109. PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA PADA SISWA KELAS IV SDN 4 BUMIREJO KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penerapan metode eksperimen dengan media konkret, (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan metode eksperimen dengan media konkret, (3) mendiskripsikan kendala dan solusi penerapan metode eksperimen dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 4 Bumirejo Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan enam kali pertemuan yang kegiatannya meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Bumirejo Kebumen yang berjumlah 20 siswa. Teknik pegumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validasi isi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama,penerapan metode eksperimen dengan media konkret sesuai dengan langkah-langkah, yaitu: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, dan (3) tindak lanjut. Kedua, penerapan metode eksperimen dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Bumirejo Kebumen yang dibuktikan dengan persentase ketuntasan siswa pada siklus I=75,07%, lalu pada siklus II=80,50% dan pada siklus III=86,50%. Ketiga, kendala utama dalam penerapan metode eksperimen dengan media konkret, yaitu: (1) guru dan siswa sama-sama kurang mempersiapkan pembelajaran, (2) siswa kurang merespon pertanyaan yang diajukan oleh guru, dan (3) siswa masih malu dan grogi saat mempresentasikan hasil percobaannya di depan kelas. Solusi dari kendala dalam penerapan metode eksperimen dengan media konkret, yaitu: (1) guru dan siswa sama-sama kurang mempersiapkan pembelajaran; (2) siswa kurang merespon pertanyaan yang diajukan oleh guru; (3) siswa masih malu dan grogi saat mempresentasikan hasil percobaannya di depan kelas. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Bumirejo Kebumen Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci: metode eksperimen, media konkret, hasil belajar ABSTRACT Intan Dewi Puspita. K7113109. THE USE OF EXPERIMENTAL METHOD USING CONCRETE MEDIA IN IMPROVING LEARNING OUTCOME OF IPA ABOUT FORCE FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SDN 4 BUMIREJO KEBUMEN IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta, April 2017. The objectives of this research are (1) to describe the steps on the use of experimental method using concrete media, (2) to improve learning outcome of IPA about force through the use of experimental method using concrete media, (3) to describe problems and solutions on the use of experimental method using concrete media in improving learning outcome of IPA about force for the fourth grade students of SDN 4 Bumirejo Kebumen. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles and six meetings. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were teacher and 20 students of the fourth grade of SDN 4 Bumirejo Kebumen. Techniques of collecting data were learning outcomes test, observation, interview, and documentation. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptiveanalysis consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research show that. First, the steps on the use of experimental method using concrete media, namely: (1) Preparation, (2) Execution, and (3) Follow up. Second, the use of experimental method using concrete media can improve learning outcome of IPA about force for the fourth grade students of SDN 4 Bumirejo Kebumen. It was proven by the increase of learning outcomes in the first cycle 75,07%, second cycle 80,50% and third cycle 86,50%. Third, the problems encountered in the learning, namely: (1) teacher and students were not ready for the learning; (2) Students were unresponsive to the question asked by teacher, and (3) students still felt in shame when presenting the material in front of the class. The solutions from obstacles in the application of experimental methods with concrete media, namely: (1) teachers and students equally less prepare for learning; (2) students are less responsive to the questions posed by teachers; (3) students are still embarrassed and nervous when presenting their experimental results in front of the class. The conclusion of this research is the use of experimental method using concrete media can improve learning outcome of IPA about force for the fourth grade students of SDN 4 Bumirejo Kebumen in the academic year of 2016/2017. Keywords: Experimental method, concrete media, learning outcome

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 04 Nov 2017 10:38
    Last Modified: 04 Nov 2017 10:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35925

    Actions (login required)

    View Item