Penerapan Metode Edutainment Berbasis Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SD N Sumber IV Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

khusnasani, ihdina (2017) Penerapan Metode Edutainment Berbasis Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II SD N Sumber IV Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (593Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ihdina Khusnasani, PENERAPAN METODE EDUTAINMENT BERBASIS STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGANG (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II SD N Sumber IV Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng dan mendeskripsikan cara menerapkan metode edutainment berbasis storytelling yang dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng pada siswa kelas pada siswa kelas II SD N Sumber IV Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian dari penelitian yang akan dilaksanakan ini adalah siswa kelas II dan guru kelas II SD N Sumber IV Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Data yang diperoleh saat penelitian yaitu nilai rata-rata kelas pada pratindakan 54,48, pada siklus I meningkat menjadi 65,34, pada siklus II meningkat lagi menjadi 70,94. ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan dari pratindakan sebesar 31,03%, pada siklus I meningkat menjadi 62,07, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,76%. Simpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode edutainment berbasis storytelling dengan langkah-langkah yang tepat dan didukung media pembelajaran video edukatif dan boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas II SD N Sumber IV Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci : menyimak, keterampilan, dongeng, metode edutainment, storytelling

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 04 Nov 2017 10:15
    Last Modified: 04 Nov 2017 10:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35923

    Actions (login required)

    View Item