ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2003-2007)

TYAGITA, AYU (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2003-2007). Other thesis, Universitas Negeri Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (316Kb)

    Abstract

    ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PENAWARAN UMUM PERDANA (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2003-2007) AYU TYAGITA F 1205032 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap underpricing pada penawaran perdana saham. Tujuan dari penelitian ini adalah : pertama, mengetahui pengaruh financial leverage, ROE (Return On Equity), ukuran perusahaan, umur perusahaan, reputasi underwriter, dan tipe perusahaan secara simultan terhadap underpricing. Kedua, mengetahui pengaruh financial leverage, ROE (Return On Equity), ukuran perusahaan, umur perusahaan, reputasi underwriter, dan tipe perusahaan secara parsial terhadap underpricing. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang melakukan penawaran perdana saham di Bursa Efek Indonesia periode 2003-2007. Dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 40 perusahaan dari 60 perusahaan yang melakukan penawaran perdana saham. Metode yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil analisis membuktikan bahwa : pertama, financial leverage, ROE (Return On Equity), ukuran perusahaan, umur perusahaan, reputasi underwriter, dan tipe perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap underpricing. Kedua, hanya variabel financial leverage, ROE (Return On Equity), ukuran perusahaan, dan reputasi underwriter yang berpengaruh secara parsial terhadap underpricing. Sedangkan, variabel umur perusahaan dan tipe perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap underpricing. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa financial leverage, ROE (Return On Equity), ukuran perusahaan, umur perusahaan, reputasi underwriter, dan tipe perusahaan berpengaruh terhadap underpricing. Peneliti memberikan saran bahwa investor dalam menanamkan modalnya sebaiknya memperhatikan informasi-informasi yang disajikan dalam prospektus, terutama financial leverage, ROE (Return On Equity), ukuran perusahaan, dan underwriter yang menangani perusahaan yang IPO. Kata kunci : underpricing, penawaran perdana saham, financial leverage, ROE (Return On Equity), ukuran perusahaan, umur perusahaan, reputasi underwriter, dan tipe perusahaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Chrisstar Dini S
    Date Deposited: 14 Jul 2013 08:00
    Last Modified: 14 Jul 2013 08:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/3592

    Actions (login required)

    View Item