Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sumber II Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

rizki, fatkhur (2017) Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sumber II Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (612Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fatkhur Rizki Raharjo. PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS IV SD N SUMBER II SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi dan mendeskripsikan cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD N Sumber II Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Sumber II Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisi interaktif yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir kritis mata pelajaran IPS pada pratindakan adalah 2.58, pada siklus I menjadi 2,90 dan pada siklus II meningkat menjadi 3,08. Pada pratindakan, siswa yang memperoleh skor ≥2,51 hanya sebanyak 14 siswa (40%), pada siklus I meningkat menjadi 24 siswa (68,57%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 30 siswa (85,71%). Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SD N Sumber II Surakarta tahun ajaran 2016/2017, sedangkan cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi adalah dilakukan sesuai dengan prosedur langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Kata kunci: keterampilan, berpikir kritis, IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 04 Nov 2017 08:27
    Last Modified: 04 Nov 2017 08:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35915

    Actions (login required)

    View Item