PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 1 SIDOHARUM TAHUN AJARAN 2016/2017

ratna, evi (2017) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 1 SIDOHARUM TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (107Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Evi Ratna Astuti. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Datarpada Siswa Kelas VB SD Negeri 1 Sidoharum Tahun Ajaran 2016/2017.Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2017. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model inkuiri terbimbing dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Sidoharum tahun ajaran 2016/2017; (2) Meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Sidoharum tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan model inkuiri terbimbing dengan media konkret; (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model inkuiri terbimbing dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentangbangun datar pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Sidoharum tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama dua siklus dengan enam kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB yang berjumlah 20.Sumber data terdiri dari siswa, guru kelas, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model inkuiri terbimbing dengan media konkret dilakukan dengan langkah-langkah: (a) orientasi; (b) merumuskan masalah; (c) merumuskan hipotesis; (d) mempersiapkan media konkret; (e) menjelaskan proses penggunaan media konkret dalam penyelidikan; (f) mengumpulkan data disertai menjawab pertanyaan; (g) melengkapi perbandingan data dari media konkret yang digunakan; (h) menganalisis data (menguji hipotesis); (i) merumuskan kesimpulan; (j) mengkomunikasikan hasil.; (2) penerapan model inkuiri terbimbing dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Sidoharum tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi kegiatan guru mendapat presentase 76,44% di siklus I, dan meningkat menjadi 90,15% di sklus II. Sedangkan observasi respon siswa mendapat presentase 75,69% di siklus I, dan meningkat .menjadi 89,73% di siklus II.Ketuntasan hasil belajar siklus I mencapai 75% kemudian pada siklus II sudah mencapai 95% yang berarti sudah memenuhi indikator kinerja penelitian dan (3) kendala pelaksanaan yaitu: (a) siswa pasif dan tidak tertib; (b) di awal pertemuan siswa kesulitan memahami langkah model inkuiri dengan media konkret; (c) siswa tidak mau bekerja sama; (d) siswa sulit mengingat kesimpulan hasil penyelidikan. Solusi dari kendala yang muncul yaitu: (a) guru mendorong siswa untuk mau berpartisipasi dan menegur siswa yang tidak tertib; (b) guru membimbing dan menjawab pertanyaan siswa selama penyelidikan; (c) guru memotivasi siswa untuk bekerja sama dalam penyelidikan; (d) guru mengulang kembali dan melakukan tanya jawab mengenai materi yang telah dipelajari. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penerapan model inkuiri terbimbing dengan media benda konkret dilakukan sesuai dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Sidoharum tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: inkuiri terbimbing, media konkret, matematika, bangun datar. ABSTRACT Evi Ratna Astuti. The Use of Guided Inquiry Model using Concrete Media in Improving Learning Outcome of Mathematics about Plane For The Fifth B Grade Students Of SD Negeri 1 Sidoharum In the academic year of 2016/2017. Thesis, Teacher Training And Education Faculty, Sebelas Maret University Of Surakarta.May, 2017. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the use of guided inquiry model using concrete media in improving learning outcome of mathematics about plane; (2) ) to improve learning outcome of mathematics about plane through the use of guided inquiry model using concrete media; (3) to describe problems and solutions on the use of guided inquiry model using concrete media in improving learning outcome of mathematics about plane for the fifth b grade students of SD Negeri 1 Sidoharum in the academic year of 2016/2017. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within two cycles and six meetings. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were teacher and 20 students of the fifth B grade of SD Negeri 1 Sidoharum. Sources of data were derived from students, teacher, and observer. Techniques of collecting data were learning outcomes test, observation, interview, and documentation. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptiveanalysis consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research show that: (1) the steps on the use of guided inquiry model using concrete media, namely: (a) orientating; (b) formulating the problems; (c) formulating hypothesis; (d) preparing concrete media; (e) explaining the process of using concrete media in the investigation; (f) collecting data followed by asking questions; (g) completing the data comparison of concrete media used; (h) analyzing data (testing hypothesis); (i) drawing conclusion; (j) communicating the results; (2) the use of guided inquiry model using concrete media can improve learning outcome of mathematics about plane for the fifth b grade students of SD Negeri 1 Sidoharum in the academic year of 2016/2017. The results of the study show that the teacher’s observation percentage in cycle I 76,44% I and in cycle II 90,15%. Meanwhile, the percentage of students response in cycle I 75,69% and in cycle II 89,73%. It was also proven by the increase of learning outcomes in the first cycle 75%, in the second cycle 95% which means it had been completing the working indicators of the research; and (3) the problems encountered in the learning, namely: (a) students were passive and disordered; (b) in the beginning of the meeting, students found it difficult to understand the steps of guided inquiry model using concrete media; (c) students did not want to cooperate each other; (d) students find it difficult to remember the results of investigation. Solutions for these problems are: (a) students encourages students to be more active and gives warning to disordered students; (b) teacher guides and answer question during the investigation; (c) teacher motivate students to be cooperative during discussion; (d) teacher conducts reflection of the study. The conclusion of this research is the use of guided inquiry model using concrete media can improve learning outcome of mathematics about plane for the fifth b grade students of SD Negeri 1 Sidoharum in the academic year of 2016/2017. Keywords: guided inquiry, concrete media, mathematics, plane.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 04 Nov 2017 08:14
    Last Modified: 04 Nov 2017 08:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35911

    Actions (login required)

    View Item