PERAN MEDIA PROMOSI DALAM PELAKSANAAN ACARA SOLO INDONESIA CULINARY FESTIVAL (SICF) 2017

dwi, dinar (2017) PERAN MEDIA PROMOSI DALAM PELAKSANAAN ACARA SOLO INDONESIA CULINARY FESTIVAL (SICF) 2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (537Kb)

    Abstract

    PERAN MEDIA PROMOSI DALAM PELAKSANAAN ACARA SOLO INDONESIA CULINARY FESTIVAL (SICF) 2017 Dinar Dwi Noviyanti 1 Yusana Sasanti Dadtun, S.S.,M.Hum 2 Nanang Wijayanto, S.ST,Par.,M.MPar. 3 INTISARI 2017. Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Media promosi adalah salah satu strategi dalam pemasaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui produk apa saja yang ditawarkan di event, peranan media promosi untuk meningkatkan acara serta kendala dan solusi media promosi acara terhadap berjalannya acara pada acara Solo Indonesia Culinary Festival 2017. Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan praktik kerja yang dilakukan langsung di Event Organizer. Metode wawancara kepada Pimpinan Sinergi Event dan beberapa staf untuk memperoleh data, metode pustaka untuk mendapatkan data dari buku di perpustakaan, surat kabar, dan media lainnya, serta menganalisa data dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang menggambarkan atau melukiskan keadaan event yang diselenggarakan dari sumber data penelitian, yaitu sumber lisan, sumber tertulis, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan mengenai produk apa saja yang ditawarkan di acaraSICF 2017 bagi peserta dan bagi pengunjung. Penelitian ini menjelaskan peranan media promosi untuk meningkatkan sebuah event yang diselenggarakan. Selain 1 Mahasiswa Program Studi D III Usaha Perjalanan Wisata dengan NIM C9414019 2 Dosen Pembimbing I 3 Dosen Pembimbing II itu, penelitian ini juga membahas kendala dan solusi media promosi sebuah event terhadap berjalannya acara. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Media promosi yang digunakan dalam pelaksanaan acara SoloIndonesia Culinary Festival 2017 yaitu dengan media cetak dan media elektronik, media online khususnya media sosial, media luar ruangan,pemberian stand gratis, video teaser yang berperan untuk meningkatkan sebuah acara. Peranan media promosi dapat memberikan dampak positif yang ditimbulkan dari media promosi tersebut ialah jumlah pengunjung meningkat, peserta SICF juga mengalami peningkatan, pengikut kuis di media sosial banyak dan yang mengunggah foto hingga berjumlah 500 foto lebih dan jumlah pendapatan peserta stand laba bersihnya sedikitnya 2,6 juta rupiah. Beberapa kendala yang dihadapi dalam memasarkan acara diantaranyaialah lamanya jangka waktu pengajuan dukungan dari pemerintah, terlambatnya dalam pengunggahan e-leaflet, kurangnya SDM dalam menangani pers, danakun media sosial yangbelum dikelola dengan baik, serta pendeknya jarak waktu pengiriman undangan. Solusi untuk menangani kendala yang dihadapi yaitu mengatur jangka waktu dalam pengajuan dukungan dari pemerintah, membuat divisi atau sub divisi yang khusus menangani media promosi dan publikasi, membuat tim tersendiri untuk menganani pers agar peliputan acara, membenahi akun-akun media sosial yang lupa akan alamat email dan passwordnya, dan mengatur jangka waktu pengiriman surat undangan lomba. Kata kunci : media promosi, peran, acara/event, SICF 2017

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 04 Nov 2017 07:54
    Last Modified: 04 Nov 2017 07:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35906

    Actions (login required)

    View Item