PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK E-BOOK GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN

romadhani, devia (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK E-BOOK GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (153Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Devia Romadhani. Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk E-book Geografi Pada Materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, juni 2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan bahan ajar geografi berbentuk e-book pada materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. (2) Mengetahui kelayakan bahan ajar geografi berbentuk e-book pada materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. (3) Mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar berbentuk e-book geografi pada materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA N 4 Surakarta. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Dick & Carrey. Prosedur penelitian pengembangan meliputi studi pendahuluan (Need Assessement), perencanaan, pengembangan produk, uji kelayakan produk, ujicoba produk, dan efektivitas penggunaan produk. Angket digunakan untuk memperoleh hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, pendidik, dan respon peserta didik pada setiap ujicoba. Ujicoba perorangan dilakukan 3 peserta didik, ujicoba kelompok kecil dilakukan 13 peserta didik, dan ujicoba lapangan dilakukan 29 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbentuk e-book geografi dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, ujicoba lapangan memperoleh nilai hasil belajar pre-test dengan nilai modus 70 dan rerata kelas 69,33. Sedangkan untuk nilai hasil belajar post-test memperoleh nilai modus 85 dengan rerata 83,83. Artinya bahwa lebih dari 75% peserta didik dalam post-test mencapai batas standar kategori ketuntasan minimal (KKM) yang diberikan pendidik sebesar 75. Kata Kunci: Bahan Ajar Geografi, E-book Geografi, Dinamika Litosfer

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 04 Nov 2017 07:46
    Last Modified: 04 Nov 2017 07:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35904

    Actions (login required)

    View Item