PENERAPAN GIZI KERJA DENGAN CARA PENYEDIAAN MAKAN GUNA PEMENUHAN KEBUTUHAN KALORI PEKERJA AREA PICKING DAN FEEDING DI PT INDONESIA TRI SEMBILAN

monara, deanita (2017) PENERAPAN GIZI KERJA DENGAN CARA PENYEDIAAN MAKAN GUNA PEMENUHAN KEBUTUHAN KALORI PEKERJA AREA PICKING DAN FEEDING DI PT INDONESIA TRI SEMBILAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PENERAPAN GIZI KERJA DENGAN CARA PENYEDIAAN MAKAN GUNA PEMENUHAN KEBUTUHAN KALORI PEKERJA AREA PICKING DAN FEEDING DI PT INDONESIA TRI SEMBILAN MOJOKERTO JAWA TIMUR Deanita Monara Fergysari1, Reni Wijayanti2 Latar Belakang : Salah satu penerapan gizi kerja yang dapat diterapkan oleh perusahaan adalah dengan penyediaan makan. Penyediaan makan juga menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan kalori pekerja selama bekerja. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan gizi kerja di PT Indonesia Tri Sembilan melalui penyediaan makan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan kalori pekerja di unit feeding dan picking. Metode : Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif, yaitu dengan pemberian gambaran mengenai penerapan gizi kerja. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan pekerja terkait dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh dibahas dengan cara dibandingkan dengan peraturan-peraturan yang ada. Hasil : PT Indonesia Tri Sembilan telah menerapkan gizi kerja dengan cara penyediaan makan bagi seluruh pekerjanya. Namun dalam penerapan belum dilakukan secara maksimal karena didapatkan hasil bahwa kebutuhan kalori pekerja, khususnya pada unit feeding dan picking belum dapat terpenuhi. Simpulan : PT Indonesia Tri Sembilan telah melakukan usahnya dalam penerapan gizi kerja bagi para pekerjanya dengan cara penyediaan kantin dan makan yang sesuai dengan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 1 tahun 1979 tentang Pengadaan Kantin dan Ruang Tempat Makan serta Undang-Undang No. 23 tahun 2003 tentang Kesehatan. Namun dalam penerapannya masih dibutuhkan perbaikan karena masih ditemukan bahwa penyediaan makan belum mampu untuk memenuhi kebutuhan kalori pekerja pada unit feeding dan picking. Kata Kunci : Penerapan gizi kerja, penyediaan makan, pemenuhan kebutuhan kalori 1. Program Studi Diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2. Dosen Program Studi Diploma III Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 04 Nov 2017 07:41
    Last Modified: 04 Nov 2017 07:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35902

    Actions (login required)

    View Item