Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Pantun pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Dorowati Tahun Ajaran 2016/2017

himawati, azizah (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Pantun pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Dorowati Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (488Kb)

    Abstract

    Azizah Himawati. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DOROWATI TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dalam pembelajaran keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Dorowati tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV dan 28 siswa kelas IV SD Negeri 1 Dorowati, Klirong, Kebumen tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data tersebut dianalisis dengan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditinjau dari hasil observasi, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis pantun yang meliputi aktivitas mendengar, berbicara, membaca, menulis, serta aktivitas mental. Ditinjau dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70 diperoleh rata-rata kelas hasil tes sebelum tindakan yaitu 58,60 dengan ketuntasan klasikal 36%, pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 69,4 dengan ketuntasan klasikal 59%, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76 dengan ketuntasan klasikal 74,78%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 85 dengan ketuntasan klasikal 89%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Dorowati tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, Scramble, keterampilan menulis pantun

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Taufik A
    Date Deposited: 04 Nov 2017 06:50
    Last Modified: 04 Nov 2017 06:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35894

    Actions (login required)

    View Item